Wali Kota Harapkan Afkot Tingkatkan Prestasi dan Lahirkan Atlet Terbaik Futsal

oleh -
Pengurus Afkot Sukabumi periode 2020-2024 bersama Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi (belakang, tengah).

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Iyus Firdaus PWI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi bersyukur melalui Kongres luar biasa Asosiasi Futsal Kota (AFKOT) Sukabumi telah resmi di kukuhkan untuk ketua dan pengurus masa periode 2020-2024. Dengan baru terbentuknya AFKOT, Wali Kota sangat prestasi olahraga futsal di daerahnya bisa meningkat.

Hal itu di sampaikan Fahmi kepada awak media, setelah menghadiri pelantikan ketua dan pengurus AFKOT Sukabumi, Sabtu (17/10/2020), di Hotel Taman Sari.

“Kita berharap prestasi Futsal bisa meningkat dan mampu melahirkan atlet-atlet terbaik, bukan hanya membanggakan Kota, akan tetapi Provinsi bahkan Nasional,”katanya.

Dalam sambutannya, Wali Kota mengatakan melalui olahraga futsal mengajarkan nilai-nilai sportivitas, baik itu oleh pemain, olahragawan dan pecinta Futsal.  Bahkan di dalam futsal terdapat juga nilai persatuan, perbedaan profesi saat di lapang sintesis di satukan dan bisa bersinergis.

“Saya melihat di dalam pengurus AFKOT Sukabumi di dalamnya beragam profesi, mulai dari PNS, Pengusaha, Wartawan, Karyawan dan anggota Dewan. Semua bisa bersinergi ketika berbicara sepakbola dan Futsal,”ujar Fahmi.

Melalui Kongres luar biasa, Muchendra terpilih sebagai ketua AFKOT Sukabumi untuk memegang amanah selama 4 tahun ke depan. Semangat memajukan prestasi olahraga Futsal, telah dilakukan Muchendra salah seorang anggota DPRD Kota Sukabumi dari Fraksi PPP, yang telah membangun Garuda Sport Center, di Jalan Kokon Komariah, Kelurahan Subang jaya, Kecamatan Cikole, sarana lapang Futsal dengan ukuran internasional, yang selama ini digunakan para atlet-atlet futsal.

Setelah dilantik, Muchendra mengatakan dirinya dengan jajaran pengurus akan bekerja keras untuk membangun prestasi Futsal di Kota Sukabumi baik di tingkat Provinsi maupun nasional. Langkah selanjutnya Muchendra akan membuat tim untuk prestasi di Porda.

“Dengan adanya dukungan dari Pa Wali, mimpi kita bisa terwujud melalui kerja keras agar bisa meraih emas di Porda,”kata Muchendra.

Sarana lapang Futsal yang memiliki standar Internasional, yakni Garuda Sport Center tersebut akan dijadikan sebagai Sekretariat AFKOT Sukabumi, sekaligus tempat membina para atlet-atlet futsal Kota Sukabumi. Menurutnya terbiasa bermain di lapang standar Internasional, akan memudahkan dan membiasakan, para atlet binaan apabila mengikuti event-event kejuaran tingkat nasional, dengan target ke depan mendapatkan emas di Porda 2022 nanti.

“Kota Sukabumi sudah memiliki pemain-pemain kelompok umur, Insya Allah kita akan tingkatkan waktu latihan, supaya dapat tim yang terbaik untuk Futsal Kota Sukabumi kedepannya,”terangnya.

Sementara itu perwakilan Asosiasi Futsal Provinsi Jawa Barat, komite Eksekutif Bidang Badan Tim Daerah, Irsan Tena, merasa bangga telah terbentuknya AFKOT di Kota Sukabumi, yang merupakan Kota Kelahirannya sendiri. Irsan menyakini dengan banyaknya klub Futsal di Kota Sukabumi bisa meningkatkan prestasi futsal di kancah nasional.

Asosiasi Futsal Jabar, saat ini sedang melakukan persiapan Porda 2022, yang memiliki target menjaring atlet-atlet futsal untuk ajang PON (Pekan Olahraga Nasional).

“Kota Sukabumi telah memiliki pemain, pelatih yang berlevel prestasi, baik tingkat daerah maupun nasional. Kami yakin bisa diandalkan pada Porprov 2022 dari Kota Sukabumi,”ujarnya.

Irsan juga mengimbau agar Pemerintah daerah bisa mensupport untuk prestasi futsal. Pengurus Afkot terbaru harus menyusun program, khususnya fokus di Porprov 2022 untuk membesarkan nama Kota Sukabumi.

“Impiannya setiap daerah harus mendapatkan emas pada Porprov. Pemantapan sinergitas di bidang organisasi harus kuat, karena kalau pondasi tidak kuat, prestasi juga tidak jalan,”ungkapnya. (*)