Garis Palabuhanratu Desak Dishub untuk Memasang PJU di Jajaway

oleh -
Salah satu anggota Garis menunjuk tepat ke seberang jalan kabupaten pada jalur taman bunga Jajaway yang tidak memiliki PJU.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Pengurus DPC Garis Palabuhanratu mendesak Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi untuk segera memasang fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang  taman bunga Jajaway Palabuhanratu. Tanpa PJU, pada malam hari, jalur taman bunga itu keadaannya gelap gulita seperti pada zaman batu.

Padahal sepanjang taman bunga tersebut merupakan jalur hidup yang digunakan oleh banyak pengguna jalan, baik dari kalangan warga Palabuhanratu maupun pejabat Pemkab Sukabumi dan instansi vertikal. Seharusnya jalur taman bunga itu  terjamin penerangannya untuk mencegah tindak kejahatan dan kecelakaan lalu lintas.

Ketua DPC Garis Palabuhanratu, Yanto ketika dihubungi melalui telepon seluler, Senin (12/10/2020), menyatakan, tidak sulit bagi Dishub Kabupaten Sukabumi untuk memasang PJU di jalur Jajaway sebagai salah satu jalan utama. Toh, kata dia, pemasangan sarana PJU merupakan program rutin tahunan dari perangkat daerah tersebut.

“Kami mendesak Dishub Kabupaten Sukabumi untuk segera membangun PJU di sini karena banyak warga mengeluh. Saat malam hari keadaan jalan gelap. Di lokasi itu pernah terjadi kecelakaan lalu lintas,” ujar Yanto.

Yanto mengetahui dengan persis keadaan di sekitar jalan taman bunga karena Sekretariat DPC Garis Palabuhanratu tidak jauh dari jalur tersebut. Jalur taman bunga itu terhubung ke kompleks perkantoran Jajaway Palabuhanratu.

Jalur taman bunga terakses ke kantor-kantor instansi penting seperti Dinas Kesehatan, Satuan Pol PP, Dinas PU, Dinas Perkim, Kodim 0622, Polres Sukabumi, DPRD, PN Cibadak, dan Pengadilan Agama Cibadak. (*)