Kelurahan Palabuhanratu Tuntaskan Pembagian BST Tahap II

oleh -
Pembagian BST tahap II dan Pemkab Sukabumi di Kantor Kelurahan Palabuhanratu berjalan dengan tertib disertai penerapan aturan protokol kesehatan.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Kantor Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi menuntaskan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap II dari Pemkab Sukabumi, Sabtu (10/10/2020). Karena jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) hampir 1.700, pembagian BST dilakukan selama dua hari sejak Jumat kemarin.

Total KPM BST tahap II di Kelurahan Palabuhanratu mencapai 1.679. Setiap KPM menerima BST sebesar Rp600 ribu. Jadi besarnya dana yang disalurkan untuk BST tahap II itu mencapai Rp1.007.400.000. atau satu milar lebih Rp7,4 juta. Pembagian BST diselenggarakan di Kantor Kelurahan Palabuhanratu, Jalan Cangehgar Palabuhanratu.

Ditemui di tempat pembagian BST, Lurah Palabuhanratu  Deni Zulpan menjelaskan, selama dua hari berturut-turut, pembagian BST asal Pemkab Sukabumi berjalan dengan tertib dan lancar.

Tim dari Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi didampingi petugas dari kantor kelurahan dapat melasanakan tugas penyaluran bantuan tersebut dengan baik. Kegiatan ini dikawal oleh Satpol PP dari Kecamatan Palabuhanratu, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Palabuhanratu.  

“Bantuan ini diberikan kepada warga yang terdampak wabah Covid-19. KPM BST ini tidak masuk dalam daftar penerima bantuan dari program sosial pusat, provinsi, ataupun  desa,” ujar Deni.

Memenuhi Instruksi Presiden RI, pembagian BST tersebut memberlakukan aturan protokol kesehatan. Baik penerima, perangkat kantor kelurahan, maupun pemantau semuanya harus mengenakan masker dan selalu menjaga jarak.

Di tempat yang sama, Ketua RW 31 Panyairan Kelurahan Palabuhanratu, Aruji atas nama warganya menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sukabumi yang telah menyalurkan BST untuk warga terdampak Covid-19. Dalam keadaan seperti sekarang, kata Aruji, bantuan sebesar itu sangat membantu warganya.

“Di RW kami ada 61 KPM yang menerima bantuan dari kabupaten,” ujar dia. (*)