Penyelesaian Jembatan Cibuni Sesuai Target Awal 15 Desember

oleh -
Pelaksana pembangunan menjelaskan perkembangan pembangunan Jembatan Cibuni kepada Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Penyelesaian pembangunan Jembatan Cibuni yang menghubungkan wilayah Kabupaten Sukabumi dengan wilayah Kecamatan Cijati di Kabupaten Cianjur tidak boleh bergeser dari target awal. Sesuai rencana, jembatan ini harus susah selesai pembangunannya pada 15 Desember 2020.

Hal itu disampaikan Pjs Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad ketika meninjau pembangunan Jembatan Cibuni di Desa Cidadap, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Kamis (8/10/2020). Jembatan Cibuni, ujar Gani, sangat penting dan strategis unrtuk meningkan aksesibilitas dan mendorong perekonomian di dua wilayah.

“Karena itu, Jembatan Cibuni harus diselesaikan sesuai target, masyarakat di kedua wilayah sangat membutuhkan prasarana ini,” kata Gani.

Ketika Pjs Bupati Sukabumi meninjau lokasi jembatan tersebut, tingkat penyelesaian pembangunannya sudah mencapai sekitar 70 persen.  Infrastruktur perhubungan lintas dua daerah yang memiliki panjang 120 meter ini pembangunannya dibantu oleh Pemprov Jabar.  

“Saya optimis dapat selesai pada waktu yang telah ditentukan sesuai dengan target,” tuturnya.  

Dia setuju Jembatan Cibuni didukung dengan adanya rest area sebagai penujang fungsi jembatan dan tempat usaha baru bagi masyarakat. Demikian pula fasilitas lainnya dapat dikembangkan setelah aksesnya terbuka.   

Kehadiran jembatan yang membentang di atas Sungai Cibuni itu jelas sekali berdampak positif bagi masyarakat, termasuk untuk pengembangan sektor pariwisata. Apalagi di wilayah Desa Cidadap ini terdapat potensi wisata berupa sumber air panas.

“Bila sumber dikelola dengan baik dan ditunjang dengan berbagai prasarana, sumber air panas ini dapat meningkatkan pendapat daerah dan pendapatan masyarakat,” kata Pjs. Bupati Sukabumi.  

Usai meninjau lokasi pembangunan jembatan, R. Gani Muhamad beserta rombongan melihat lokasi sumber air panas. Dia sempat merasakan sensasi hangatnya air panas Cidadap.

Di antara para pejabat yang menyertai Pjs Bupati tampak hadir Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi Asep Japar dan Staf Ahli Bupati Sukabumi Dana Budiman.

Sementara itu salah seorang warga Kampung Cibungur, Desa/Kecamatan Cidadap Joharudin (65) menyatakan rasa syukur atas dilaksanakannya pembangunan Jembatan Cibuni. Sudah sejak tahun 2010, masyarakat di Cidadap mengusulkan pembangunan jembatan tersebut kepada pemerintah.

“Alhamdulillah tahun 2020 pembangunannya terwujud. Fungsi jembatan ini sangat penting bagi warga untuk  melakukan aktivitas ekonomi, pendidikan, dan sosial,” ujar Joharudin. (*)