Minta Petunjuk, Pjs. Bupati Datangi MUI

oleh -
Silaturahmi Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad (kedua dari kiri) ke para ulama yang diterima oleh Ketua MUI Kabupaten Sukabumi KH. A. Oman Komarudin (ketiga dari) dan jajaran pengurus.

Wartawan Agus Setiawan

Redaktur Wawan AS

Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad menjelaskan ikhwal tugas dan perannya di Pemkab Sukabumi. Dua tugas penting yang harus diselesaikannya adalah mensukseskan Pilkada 2020 dan mengoptimalkan edukasi sosialisasi penanggulangan Covid-19.

Penjelasan Raden Gani itu disampaikan di hadapan para ulama saat berkunjung ke Kantor MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Sukabumi di Gedung Dakwah Islamic Center (GDIC) Cisaat, Rabu (7/10/2020).

Gani mengadakan kunjungan silaturahmi ke MUI dalam rangka menjelaskan tugasnya serta meminta petunjuk dan arahana dari para ulama.

“Kehadiran saya di Kabupaten Sukabumi untuk menyelenggarakan urusan pemerintah agar berjalan normal dan efektif. Saya mohon petunjuk dan arahan dari Bapak-bapak agar dalam menjalankan amanah ini, saya dapat memberikan manfaat untuk masyarakat,” kata Gani dalam kata pembukaan kunjungannya. 

Tugas yang diamanahkan, ujar dia, penuh tantangan dan sangat dinamis. Demi kelancaran tugas, dia terus bersilaturahmi ke berbagai kalangan, termasuk kepada para ulama. Dia bersyukur mendapat petunjuk dan arahan dari para tokoh yang didatanginya.

Berkaitan perkembangan kasus Covid-19, jelas Gani, Kabupaten Sukabumi masuk zona kuning. Pemkab Sukabumi akan terus mengoptimalkan edukasi dan sosialisasi dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19. Dia dan jajarannya tifdak berhenti untuk mensosialisasikan penggunaan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau 3M.

Dirinya memohon kepada MUI untuk berkenan turut serta dalam menyampaikan sosialisai 3M kepada masyarakat. Para ulama juga dapat mengimbau umat Islam agar tidak berkerumun, keluar rumah menggunakan masker, dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Gani juga menjelaskan rencana pemberlakuan pembejalaran tatap muka (PTM) yang sampai sekarang belum dilaksanakan. PTM tidak akan diterapkan sampai kasus Covid-19 benar-benar melandai, kata dia. Zona kuning di Kabupaten Sukabumi belum stabil.

“Kami harapkan Pilkada bisa berjalan damai, lancar, dan tidak menimbulkan kluster baru dalam penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Ketua MUI Kabupaten Sukabumi, KH. A. Oman Komarudin mengaku bangga  kedatangan Pjs Bupati Sukabumi. Dirinya berharap kepada Pjs Bupati Sukabumi agar bisa menjalankan tugas dengan optimal. 

“Kami juga mengharapkan Pilkada di Kabupaten Sukabumi berjalan kondusif. Masyarakat dapat memilih dengan tenang,” ujar Kiai Oman.

Setelah bersilaturahmi dengan pengurus MUI, Raden Gani bersama pengurus MUI meninjau Baznas Kabupaten Sukabumi. (*)