Ratusan Pesepeda Ikuti Gowes Bareng CS Adventure

oleh -
Semangat para peserta ‘Gowes Bareng CS Adventure’ tetap terjaga dari titik start hingga finish ketika menyusuri rute di kawasan Selabintana.

Wartawan Rudi J Susafha

Editor Wawan AS

Ratusan pesepeda mengikuti kejuaraan terbuka bertitel ‘Gowes Bareng CS Adventure’ yang digelar di kawsan Pondok Halimun, Selabintana, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (3/10/2020). Para peserta tampak bersemangat menjalani rute yang ditentukan penyelenggara yang sebagian besar berupa hamparan perkebunan teh.

Kejuaraan tersebut diselenggarakan oleh ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) Kota Sukabumi. Nama CS diambil dari nama Villa CS yang terletak di Jalan Lembur Pasir, Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi, tempat finish para peserta.

Adapun titik berangkatnya di Jannaty Regency di Jalan Pondok Halimun, Nagrog Selabintana, Sukabumi. Para peserta menyusuri rute berupa jalan berkelok-kelok model perbukitan dan lingkungan perkebunan yang hijau dan sejuk.

“Jumlah peserta kira-kira 200 orang. Mereka berasal dari berbagai komunitas sepeda dari Kota dan Kabupaten Sukabumi,” kata Ketua ISSI Kota Sukabumi, Asep Effendi di sela kesibukan Gowes Bareng CS Adventure.

Penyelenggara, ujar dia, membatasi jumlah peserta mengingat kondisi saat ini masih wabah Covid-19. Tujuan kegiatan tersebut yang utama adalah untuk meningkatkan jalinan tali silaturahmi di antara komunitas pesepeda.

“Melalui kegiatan ini, kami juga mencari bibit atlet sepeda usia muda. Mudah-mudahan setelah pandemi berlalu, kejuaraan ini bisa digelar kembali dengan peserta dari luar Sukabumi,” tutur Asep.

Para pesepeda yang menjadi juara pada kejuaraan tersebut terdiri dari kategori women open dan man open. Juara women open terdiri dari Dede Nurhasanah, Pegi Maulidia, Sintia, Zahra Meta Andini, dan Pebiyarti Rahayu.

Adapun untuk man open, juarnya terdiri dari Nauval Gani, Hendrik Riyadi Sutomo, Rinal Apriayan, Lukman, dan Herlan Maulana alias Simeut.

Agenda ke depannya, ISSI Kota Sukabumi berkeinginan untuk memperkenalkan kawasan wisata di wilayah utara Sukabumi melalui olahraga bersepeda. Arahnya untuk pengembangan sepeda prestasi, sepeda wisata, dan sepeda edukasi.

Pada bagian lain Asep mengusulkan pembangunan fasilitas untuk pembinaan pesepeda dari kalangan anak muda, khususnya untuk jenis sepeda BMX dan polydrum. Di Kota Sukabumi, kata dia, banyak lahan tidak tergarap yang dapat dijadikan tempat pembinaan atlet sepeda.

Sementara Kepala Seksi Olahraga pada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Sukabumi, Ginanjar menginginkan event ‘Gowes Bareng CS Adventure’ dijadikan agenda tahunan. Kegiatan ini penting untuk mencari bibit atlet dari para peserta asal Kota Sukabumi. (*)