Antisipasi Pohon Tumbang, DLH Lakukan Pemangkasan Pohon

oleh -
Pemangkasan pohon oleh DLH di Jalan Kenari, antisipasi terjadinya pohon tumbang.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Iyus Firdaus PWI

Hujan deras disertai angin kencang beberapa waktu lalu di wilayah Kota Sukabumi telah menumbangkan pohon di beberapa lokasi, untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang, jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi secara intens mengecek beberapa pohon dengan usia tua yang dianggap rawan tumbang.

“Pohon-pohon di jalan yang rawan tumbang, kita coba antisipasi dengan melakukan pemangkasan atau ditebang,”kata Kepala DLH Kota Sukabumi, Adil Budiman kepada wartawan, di Lapang Pasir Pogor usai melakukan pertandingan sepakbola persahabatan, Jumat (2/9/2020).

Kejadian pohon tumbang di beberapa waktu lalu, menurut Adil, pohon-pohon tersebut sudah berada dalam pengawasan DLH, dan masih dianggap aman dari bahaya pohon tumbang, usia pohon tumbang kemarin juga belum terlalu tua, namun karena hujan yang turun cukup deras sehingga DLH tidak bisa memprediksi akan terjadi tumbang pada pohon-pohon tersebut.

“Memang ada beberapa pohon yang lokasinya berada di ruas jalan Nasional, dan kita tidak bisa memprediksi karena bukan ranah kita masuk kesana,”terang Adil.

Berbeda dengan beberapa pohon yang berada di ruas jalan milik Pemkot Sukabumi, selalu menjadi perhatian dari DLH. Masih di tengah kondisi cuaca musim penghujan, Adil tetap memerintahkan jajarannya untuk terus mengecek keberadaan pohon-pohon yang masih dianggap rawan.

“Kami telah melakukan pemangkasan pohon juga di beberapa ruas jalan, seperti di Jalan Kenari ada pohon yang tumbang kemarin, kita potong lagi,”ujarnya.

Kepala DLH Kota Sukabumi, Adil Budiman.

Musim penghujan bukan hanya pohon tumbang saja yang harus di waspadai, Adil juga mengimbau ke masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, khususnya sampah yang di buang ke selokan atau sungai. Hal itu bisa menyumbat aliran sungai dan mengakibatkan banjir apabila curah hujan deras. Sosialisasi tidak membuang sampah sembarangan selalu dilakukan oleh DLH.

“Jangan sampai begitu banjir yang di salahkan sampah, tetapi perilaku manusia yang harus di salahkan,”ungkapnya. (*)