Ponpes Daarut Taubah Al-Junaediyah Siap Jalankan Misi Syiar Islam

oleh -

Jurnalis Budi ‘Baron’ Hermawan dan Slamet Widiyono

Editor Wawan AS

Pimpinan dan pengasuh Pondok Pesantren Daarut Taubah (DT) Al-Junaediyah, KH. Usep Munawar Ridwan, M.Ag. menyatakan siap mengemban amanat Rasulullah untuk menjalankan syiar Islam. Hadirnya Pesantren DT Al-Junaediyah untuk meluaskan dakwah sekaligus pengabdian Kiai Usep sebagai putra daerah Desa Nyalindung. 

Kesiapan tokoh agama yang akrab disapa Kiai Uu itu disampaikan pada peresmian Ponpes DT Al-Junaediyah di Kampung Warungpeuteuy RT 03 RW 07, Desa/Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Selasa (29/9/2020).

“Didirikannya pondok pesantren ini sebagai salah satu sarana untuk syiar Islam dan mengajarkan ajaran Islam kepada warga di Kampung Warungpeuteuy khususnya dan umat muslim pada umumnya,” kata Usep.

Peresmian bangunan pesantren dilakukan oleh Ketua MUI Kecamatan Nyalindung Drs. H.Abbas, Camat Nyalindung Agus Mochamad Nurdin, S.H. M.Si., dan Kepala Desa Nyalindung, Ujang Jamjuri.

Pada peresmian itu tampak hadir Ketua Kebangkitan Jawara dan Pengacara Indonesia (BJI) Presidium Wilayah (Preswil) Jawa Barat, H. Budhy Lesmana, S.Ag., M.Si., para tokoh agama, wakil dari pemerintahan, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas Desa Warungpeuteuy.

“Dahulu saya mondok di sini dan sekarang saya ingin memprsembahkan ilmu yang sudah saya pelajari untuk daerah tempat saya dilahirkan dan menempa ilmu agama,” ujar Kiai Uu. 

Dalam membangun gedung pesantren tersebut, dia harus berjuang dengan keras dan sekuat tenaga karena tahap penyelesaiannya bersamaan dengan datangnya pandemi Covid-19. Kiai Uu telah merintis cita-cita membangun pesantren tersebut sejak 3 tahun yang lalu.  

“Biidznillah, semuanya  Allah mudahkan dan hampir tidak menemui kesulitan yang berarti. Semua ini berkat para dermawan yang mulia sehingga pembangunan pondok pesantren ini bisa terwujud,” ujarnya.

Ketua BJI Preswil Jabar, H. Budhy Lesmana, S.Ag., M.Ag. mengapresiasi kiprah Pesantren Daarut Taubah (DT) Al-Junaediyah dalam syiar Islam.

Sementara itu dalam pidatonya, Ketua BJI Preswil Jabar, Budhy Lesmana menyampaikan ucapan selamat atas berdirinya bangunan Ponpes DT Al-Junaediyah. Dia yakin, pengasuh Pesantren Al-Junaediyah dapat menjalankan amanah umat dalam menjalankan syiar Islam.

Pada bagian lain, Budhy juga menyampaikan kesediannya untuk mendampingi dan mengadvokasi warga Sukabumi yang menghadapi segala bentuk permasalahan hukum. (*)