Kang Gobang Preman Pensiun Ngamen untuk Bencana Banjir Cicurug

oleh -
Kang Gobang Preman Pensiun beraksi di depan Gedung Juang 45 Kota Sukabumi dalam aksi donasi untuk korban banjir bandang di Cicurug.

Wartawan Fitra Yudi Saputra

Editor Wawan AS

Kepedulian kalangan artis dan seniman terhadap nasib sesama yang ditimpa musibah patut diacungi dua jempol. Mereka kompak dalam satu langkah dan napas untuk membantu para korban banjir bandang di Cicurug dan sekitarnya.

Untuk itu sejumlah artis dan seniman serta aktivis kepemudaan mengadakan aksi donasi untuk membantu korban bencana banjir Cicurug di depan Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Jumat (25/9/2020).

Aksi sosial tersebut mendapat fasilitasi dan dukungan dari Forum Film Sukabumi (FFS) bersama Pemuda Panca Marga serta PASKI (Persatuan Artis Seniman Komedi Indonesia) dan Komunitas Lebaknangka Kota Sukabumi.

Salah satu artis yang ikut terjun pada aksi donasi itu adalah Muhammad Jamasari, pemeran Kang Gobang dalam sinetron legendaris Preman Pensiun. Kang Gobang tampil di depan publik bersama sejumlah artis dan seniman Sukabumi antara lain artis nasional asal Sukabumi, Wina Zulfiana.

Tanpa sungkan dan ragu, demi kemanusiaan, Kang Gobang ikut menyumbangkan suara untuk menarik perhatian para pengendara yang sedang menunggu lampu hijau di depan Gedung Juang 45. Beberapa relawan mendatangi para pengendara sambil membawa kardus untuk menampung sumbangan dari para pengguna jalan.

Beberapa pengendara mobil dan sepeda motor yang mengenal artis berambut panjang ini menyapa dan menanyakan kabar. Beberapa di antaranya sempat terkejut melihat aksi Kang Gobang di pinggir jalan. Tapi dengan suka rela, sebagian dari pengendara memasukkan sumbangannya ke dalam kardus. 

“Mudah-mudahan uang yang didapat dari kegiatan ini dapat mengurangi beban yang dirasakan oleh saudara-saudara kita di tempat bencana banjir,” kata inisiator aksi donasi, Yudi Onyeh.

Pengalangan dana ini, ujar dia, semata-mata untuk membantu para dulur  di Cicurug yang sedang menghadapi musibah. Kegiatan donasi sudah dilakukan sejak Rabu lalu dan rencananya sampai Sabtu besok. Pada Ahad lusa, Yudi dan rekan-rekannya akan menyerahkan uang yang terkumpul kepada korban banjir melalui posko bantuan. (*)