Bupati Bahas Masa Depan Transportasi Tegalbuleud

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyerahkan bantuan benih ikan kepada kelompok petani pada acara pengukuhan URC Kwarcab Gerakan Pramuka dan peresmian destinasi wisata Muara Keusik Urug di Tegalbuleud.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan wacana pembangunan jalur kereta api yang melewati wilayah Tegalbuleud. Rencana ini telah diprogramkan oleh Pemprov Jabar sebagai sistem transportasi massal di pesisir selatan Pulau Jawa. Berdasarkan rencana, jalan kereta api tersebut merupakan bagian dari jalur antara Pangandaran dan Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Program infrastruktur raksasa tersebut disampaikan bupati ketika menghadiri pengukuhan Unit Reaksi Cepat (URC) Kwarcab Gerakan Pramuka se-Kabupaten Sukabumi di Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Senin (21/9/2020). Pada kegiatan itu, bupati juga meresmikan destinasi wisata Muara Keusik Urug di Desa Buniasih dan meninjau pembangunan kantor Kecamatan Tegalbuleud.

“Pemerintah Provinsi Jabar telah membuat program pembangunan jalan kereta api yang melewati Tegalbuleud sebagai jalur selatan Jawa. Mudah-mudahan DED atau detail engineering designnya segera selesai sehingga jalur  Pangandaran-Tanjung Lesung bisa segera terealisasi,” kata Marwan. 

Infrastruktur perhubungan di Tegalubuleud akan terus ditingkatkan karena  wilayah ini merupakan kawasan yang terkoneksi dengan tol laut, lanjutnya. Di Tegalbuleud juga akan dibangun pelabuhan pengumpan untuk memperlancar pengiriman hasil bumi dari sekitar Pajampangan.

“Kami telah mengusulkan  pembangunan dermaga terapung, objek wisata laut, dan penataan muara. Pemda Kabupaten Sukabumi terus mengembangkan budi daya pohon bakau dan mempertahankan budi daya kepiting dan udang,” ujar Marwan.

Bupati yakin, kehadiran berbagai infrastruktur tersebut dapat memberikan dampak positif bagi warga Tegalubuleud dan sekitarnya. Dia menekankan, kemajuan Tegalbuleud ditentukan oleh warganya sendiri. 

Terkait pengembagan kawasan wisata di kawasan tersebut, bupati mengatakan bahwa ke depan Tegalbuleud akan menjadi lintasan destinasi wisata.

Di akhir acara, bupati memberikan bantuan berupa benih ikan kepada kelompok petani dan santunan untuk anak yatim. Selain itu Marwan membagikan cairan disinfektan dan masker kepada warga sekitar. (*)