Truk Nyeruduk Angkot di Citarik, Ibu Hamil Luka-luka

oleh -
Angkot jurusan Palabuhanratu-Citarik terguling di halaman rumah warga setelah diseruduk dump-truk di Kampung Cibarengkok, Desa Citarik, Kecamatan Palabuhanratu.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan dump-truk dan angkot terjadi di Jalan Pelabuhanratu Km 5 Kampung Cibarengkok, Desa Citarik, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Kamis (17/9/2020) pagi. Pada kecelakaan itu, 4 penumpang angkot mengalami luka parah, satu di antaranya ibu hamil.

Musibah itu menimbulkan kemacetan di tempat kejadian yang berjarak kira-kira 700 meter dari Kantor Kepala Desa Citarik ke arah Sukabumi. Karena macet, sopir truk berinisiatif membawa kendaraannya dari badan jalan.

Warga dibantu dengan relawan membawa para penumpang angkot ke arah Palabuhanratu. Mereka bergerak dengan hati-hati terutama ketika menangani ibu hami yang menjadi korban. Sementara sopir angkot bernama Bah Jaka (60) tidak mengalami luka, dia tampak segar.  

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari warga di sekitar tempat kejadian, truk dan angkot bernopol F 1977 OL sama-sama melaju dari arah Palabuhanratu ke Sukabumi. Kedua kendaraan itu melaju dalam kecepatan sedang di tengah arus lalu lintas yang normal untuk ukuran kawasan Citarik.

Tiba-tiba terlihat truk akan menyusul angkot dengan cara menyalip dari sisi kanan. Namun naas, sopir truk terlambat mengantisipasi posisi angkot di depannya. Tabrakan pun tidak terhindari. Kepala truk dengan telak menubruk bagian belakang angkot.

Karena beban hantaman yang cukup keras, angkot pun terpental dari jalan. Oleng ke kiri, dan tersungkur ke rumah warga.  Angkot malang itu dalam posisi terguling ke kanan.

Warga berdatangan ke tempat kecelakaan. Mereka langsung mengevakuasi penumpang angkot yang terluka parah dari lokasi tubrukan. Dalam sekejap arus lalu lintas di jalur Citarik langsung macet.

Seorang warga membersihkan jalan dari serbuk kaca yang bertebaran di jalan. Tidak berapa lama petugas dari Polres Sukabumi tiba di lokasi dan langsung mengatur arus lalu lintas. (*)