Sambut HUT TNI ke-75, Prajurit Yon Armed Sumbangkan Darah

oleh -
Para prajurit Yon Armed 13/Nanggala menyumbangkan darah pada kegiatan donor darah dalam rangka menyambur HUT ke-75 TNI.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Puluhan prajurit Batalyon Artileri Medan (Armed) 13/Nanggala Kostrad menyumbangkan darah pada donor darah dalam rangka menyambut HUT TNI ke-75. Aksi Kemanusiaan itu digelar di PMI Kota Sukabumi, Rabu (16/9/2020).

Pada kegiatan donor darah itu, para prajurit mengikutinya dengan gembira dan penuh semangat. Dengan gagah berani, mereka berada di dalam antrean  menuju tempat pengambilan darah. Mereka memenuhi dan menjalankan prinsip-prinsip protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 seperti mengenakan masker dan selalu menjaga jarak.

“Donor darah ini sebagai bentuk komitmen prajurit Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad untuk membantu masyarakat Kabupaten Sukabumi. Aksi ini merupakan kegiatan rutin sebagai bentuk partisipasi sosial kami,” kata Komandan Yon Armed 13, Letkol Arm Micha Arruan di tengah kesibukan monitoring donor darah.

Aksi donor darah tersebut, tambah Micha, merupakan salah satu bentuk kepedulian para prajurit TNI dalam menjaga stok darah di PMI Kota Sukabumi dan PMI Kabupaten Sukabumi. Keadaan sekarang, tingkat ketersediaan darah di PMI relatif kekurangan.

“Kegiatan doroh darah ini dilakukan bukan hanya pada saat HUT TNI. Kami menjadikannya sebagai kegiatan rutin,” ujar Letkol Micha.

Menurutnya, kegiatan donor ini selain mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh prajuritnya juga sebagai tindakan nyata untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Prajurit Yon Armed 13 selalu siap menyumbangkan darah untuk masyarakat, khususnya yang tinggal di Kabupaten Sukabumi.

“Donor darah merupakan perbuatam yang mulia karena setetes darah yang kita berikan sangat berarti bagi kelangsungan hidup seseorang yang membutuhkan darah,” tuturnya. 

Semua darah yang terkumpul, lanjut dia, akan disumbangkan kepada masyarakat melalui PMI Kabupaten Sukabumi.

 “Semoga melalui kegiatan donor darah, kami dapat menjaga ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Sukabumi, khususnya di tengah pandemi Covid-19 ini. Kami mengharapkan setetes darah yang disumbangkan akan berguna bagi orang yang membutuhkan,” kata Danyon Armed 13/Nanggala.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, dr. Hondo Suwito mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi aksi prajurit Yon Armed 13 Nanggala Kostrad yang sangat peduli terhadap aksi kemanusiaan, khususnya donor darah. Setetes darah yang disumbangkan, kata Hondo, sangat berharga bagi pasien yang membutuhkan darah.  

“PMI Kabupaten Sukabumi mengucapkan banyak terima kasih kepada para prajurit Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad atas aksi simpatiknya untuk kemanusiaan,” ujar dia.

Persediaan darah di PMI saat ini, lanjut Hondo, sangat minim. Penyebabnya, selama wabah Covid-19, warga tidak berani untuk mendonorkan darahnya. Mereka ketakutan terpapar Virus Corona.  

“Padahal warga tidak perlu khawatir untuk melakukan donor darah. Karena Virus Corona tidak menular melalui alat tranfusi daerah. Penularan Virus Corona itu melalui droplet,” jelasnya.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pendonor dari penularan Covid 19, PMI Kabupaten Sukabumi melakukan rapid test kepada semua petugas. Hanya petugas yang negatif Covid-19  yang diperbolehkan menjalankan tugas pelayanan. Selain itu, selama proses pengambilan darah, PMI memberlakukan protokol kesehatan yang ketat.

“Saya mengharapkan kegiatan donor darah oleh prajurit Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad ini dapat membangkitkan semangat kemanusiaan warga Kabupaten Sukabumi untuk mendonorkan darahnya,” kata Hondo. (*)