Kapolres Pimpin Operasi Penegakan Disiplin Penggunaan Masker

oleh -
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni (kanan) ketika memimpin Operasi Yustisi dalam rangka penegakan disiplin dalam melaksanakan aturan protokol kesehatan.

Wartawan Fitra Yudi Saputra

Editor Wawan AS

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni memimpin Operasi Yustisi peningkatan disiplin dalam menegakkan aturan protokol kesehatan yang melibatkan aparat pemda dan TNI. Pada operasi itu, aparat gabungan memberlakukan sanksi kepada warga yang melanggar aturan protokol kesehatan seperti tidak mengenakan masker ketika berada di tempat keramaian.

Operasi digelar secara serentak di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, Selasa (15/9/2020) pagi. Sebelum turun ke lapangan, Kapolres menggelar dan memimpin apel kesiapan di halaman Mapolres Sukabumi Kota. Apel diikuti ratusan personel gabungan TNI dan Polri serta Sat Pol PP dan Dishub dari Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi. 

Di tempat apel kesiapan tampak para pejabat daerah antara lain Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami , dan Kasdim 0607 Kota Sukabumi Mayor (Chb) R Khoirullah.

“Hari ini kami bersama Forkopimda Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi melaksanakan Operasi Yustisi dalam rangka penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan di masyarakat dalam rangkan mencegah penyebaran Covid-19,” kata AKBP Sumarni kepada awak media.

Para petugas tidak ragu-ragu menjatuhkan sanksi kepada warga yang membandel yaitu tidak mengenakan masker. Hukuman yang diberikan berupa  sanksi sosial yaitu membersihkan dan memungut sampah yang berserakan di beberapa ruas jalan dengan menggunkan rompi bertuliskan ‘pelanggar’. Setelah pelaksanaan sanksi, petugas memberikan masker kepada para pelanggar. 

“Kami mendapati warga yang tidak menggunakan masker. Kami berikan sanksi berupa kerja sosial yaitu menyapu jalanan dan mengambil sampah dengan menggunakan rompi pelanggar,” jelas AKBP Sumarni.

Pemberlakuan sanksi, ujar dia, bertujuan untuk mengingatkan masyarakat bahwa kalau mereka akan bepergian ke luar rumah harus mengenakan masker. Dengan demikian warga akan terbiasa memakai masker setiap kali berada di area publik.

Secara bersamaan Operasi Yustisi digelar di 15 Polsek yang masuk yurisdiksi Polres Sukabumi Kota. Sebagian Polsek berada di wilayah Kabupaten Sukabumi sehingga dilibatkan Satpol PP dan Dishub dari daerah tersebut. Operasi dilakukan dengan cara stasioner di satu titik dan mobile dengan bergerak ke berbagai kawasan.

“Pada operasi ini kami juga membagikan masker kepada warga yang tidak mengenakan  alat pelindung diri ketika berada di area publik. Sedikitnya 6.500 buah masker habis dibagikan selama operasi,” tutur AKBP Sumarni. (*)