Bupati Apresiasi Peran dan Kiprah RAPI

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan apresiasi kepada jajaran pengurus RAPI yang selama ini berperan dalam menyampaikan informasi seputar pembangunan melalui radio.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Keberadaan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) sangat penting dalam proses penyebaran informasi ke berbagai kalangan masyarakat. Selama ini RAPI berperan dalam penyebaran informasi ke daerah-daerah terpecil yang tidak terjangkau oleh perangkat komunikasi konvensional dan modern.

Hal itu dikatakan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami saat menerima rombongan pengurus RAPI Wilayah 06 Sukabumi di Pendopo Sukabumi, Senin (14/9/2020) sore. Bupati mengapresiasi peran dan kiprah RAPI dalam membantu penyebaran informasi kepada masyarakat.

“Peran RAPI sangat dibutuhkan dalam penyebaran informasi pembangunan, apalagi untuk menjangkau daerah-daerah terpencil,” ujar bupati.

Melalui jaringannya, RAPI menyampaikan informasi terkait penanganan dan penanggulangan Covid-19. Informasi tersebut dapat sampai kepada warga yang tinggal di desa-desa yang ada di pelosok.

Selain itu, RAPI menginformasikan program-program pembangunan melalui radio yang diteruskan secara langsung oleh anggotanya kepada tokoh masyarakat atau perangkat desa.

“RAPI juga membantu Pemkab Sukabumi dan masyarakat untuk mensosialisasikan dan mempromosikan potensi-potensi wisata di Kabupaten Sukabumi ke berbagai daerah di Indonesia hingga mancanegara,” tutur Marwan.

Karena itu bupati  menyambut dengan tangan terbuka dan mengapresiasi kunjungan pengurus RAPI ke Pendopo Sukabumi. Dia memuji RAPI yang tetap bersemangat untuk menggelar silaturahmi di tengah wabah Covid-19.

“Walaupun di tengah kondisi wabah Covid-19, kita bisa bersilaturahmi dalam keadaan sehat walafiat. Saya mengapresiasi kiprah RAPI yang selalu berperan serta dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” kata bupati. 

Sementara itu Ketua RAPI Wilayah 06 Sukabumi Aris Suwarto menjelaskan, salah satu tujuan dari organisasi penggemar radio tersebut untuk mewujudkan insan komunikasi yang terampil dengan jiwa sosial yang tinggi untuk pengbadian pada masyarakat. RAPI selalu hadir dalam berbagi kegiatan kemanusiaan dan pembangunan.

“Kami mendukung sepenuhnya program pembangunan Pemkab Sukabumi. Kami siap berkiprah dan berperan nyata dalam bidang komunikasi,” ujar Aris. 

RAPI, lanjut dia, merupakan organisasi kemasyarakatan yang  pembentukan dan kegiatannya didasari kesamaan dalam kegemaran  berkomunikasi  dengan radio antar penduduk  tanpa membeda-bedakan asal-usul suku, agama, ras, dan golongan. 

Organisasi ini telah diakui dan disahkan oleh pemerintah sebagai  wadah resmi bagi para pemilik Izin Komunikasi Radio Antar Penduduk (IKRAP). (*)