Bupati Dorong PKK Tingkatkan Peran dan Manfaat bagi Masyarakat

oleh -
Disaksikan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan (kiri) menyerahkan bingkisan kepada pengurus TP PKK tingkat kecamatan dan desa yang berprestasi pada peringatan Hari Gerak PKK ke-48 tingkat Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengajak Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) untuk melakukan refleksi dan mawas diri atas perannya selama ini di tengah masyarakat. Pada umurnya yang ke-48, PKK hendaknya terus meningkatkan peran dan manfaat bagi masyarakat.

Imbauan bupati itu disampaikan pada acara peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-48 tahun 2020 tingkat Kabupaten Sukabumi di Pendopo Sukabumi dan disiarkan secara virtual ke seluruh kecamatan, Senin (14/9/2020). Peringatan Hari Gerak PKK ke-48, kata bupati, hendaknya dijadikan momentum untuk merefleksi diri.   

“Kita patut bersyukur masih bisa bersilaturahmi, meskipun kegiatan peringatan Hari Gerak PKK kali ini sangat sederhana. Pandemi Covid-19 menyebabkan peringatan ini tidak bisa dihadiri seluruh pengurus dan anggota PKK. Walaupun begitu, saya yakin kondisi ini tidak mengurangi makna peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK tahun 2020,” kata bupati.

Untuk meningkatkan peran dan manfaatnya bagi masyarakat, ujar Marwan, TP PKK harus terus mengembangkan inovasi dan kreativitas supaya program PKK selaras dengan arah kebijakan pemerintah dan harapan masyarakat.

“Peringatan Hari Gerak PKK ke-48 ini harus menjadi pemompa semangat dalam melakukan kebaikan di masa yang akan datang. Inovasi dan kreativitas menjadi kunci penting dalam upaya pemberdayaan keluarga di Kabupaten Sukabumi,” ucapnya.

Banyak hal positif yang bisa diinisiasi oleh TP PKK  seperti mengedukasi masyarakat dan penguatan di tingkat keluarga. TP PKK juga bisa membantu pemerintah dan masyarakat dalam upaya memutuskan mata rantai penularan Covid-19. 

“TP PKK bisa membantu pemerintah dan gugus tugas Covid-19 untuk mensosialisasikan pembiasaan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, dan mengkonsumsi makanan bergizi. Kita tahu perempuan berperan penting dalam membentengi keluarga dari serangan wabah,” ujar Marwan.

Kegiatan peringatan Hari Gerak PKK ke-48 mengusung tema “Gerakan PKK untuk Indonesia Maju”. Acara diawali dengan pembacaan sejarah singkat PKK oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi, Hj. Nursriawati Adjo Sardjono.

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan mengajak semua pihak untuk menggelorakan semangat dan motivasi untuk mewujudkan visi Indonesia Maju dengan bakti dan karya nyata serta bekerja tanpa pamrih.

“PKK harus mendedikasikan diri untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat, terutama dalam mendukung visi pemerintah yakni Indonesia Maju. Momentum hari ini harus dijadikan titik tolak bangkitnya semangat pembaharuan,” kata Yani.

Diharapkannya, kegiatan peringatan Hari Gerak PKK bukan sekadar rutinitas tahunan dan seremonial saja, melainkan harus memberikan manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh seluruh keluarga yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Pemerintah memacu program pemberdayaan masyarakat dan keluarga. Ini dilakukan dalam rangka mewujudkan Indonesia Maju. Diharapkan semuanya berpartisipasi dalam pengelolaaan pembangunan sesuai peran dan kapasitasnya masing masing,” tuturnya.

Pada kesempatan itu bupati bersama Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi menyerahkan trofi, hadiah, dan bingkisan kepada TP PKK tingkat kecamatan dan desa yang sukses meraih prestasi. Kegiatan diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan pembagian doorprize. (*)