Musdesus Desa Sukamaju Bahas BLT Tahap II

oleh -
Musdesus yang membahas BLT tahap II di Desa Sukamaju dengan unsur pimpinan musyawarah dari kiri ke kanan Hidayat (Ketua BPD), Aryanto (Babinkamtibmas), H. Haris Sugiarto (Kades), dan Kikin (pendamping desa).

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) yang diselenggarakan Pemerintah Desa Sukamaju, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Selasa (8/9/2020) membahas lanjutan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) bagi warga terdampak Covid-19.

Pada rapat itu dibahas jumlah keluarga penerima manfaat (KPM), teknik penyaluran, dan besaran BLT yang diberikan kepada tiap KPM.

“Program BLT ini merupakan lanjutan dari BLT sebelumnya. Dananya barasal dari Dana Desa untuk pembangunan fisik yang dialihkan menjadi BLT,” kata Kepala Kepala Desa sukamaju, H. Haris Sugiarto kepada wartawan seusai memimpun musdesus BLT tahap II.  

Besarnya BLT tahap pertama mencapai Rp600 ribu per-KPM, sedangkan untuk tahap II menjadi Rp300 ribu. Jumlah penerima BLT tahap II sebanyak 144 KPM.

Pengalihan alokasi DD tersebut, ujar Haris, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 205 tahun 2019 Tentang Pengelolaan Dana Desa.

Para peserta Mudesus Desa Sukamaju.

“Warga Desa Sukamaju harus diberi informasi yang benar oleh perangkat desa dan tamu undangan yang mengikuti Musdesus agar pada saat realisasi BLT tidak ada warga yang bertanya-tanya apalagi sampai berprasangka tidak baik kepada perangkat desa,” kata Kades Haris.

Musyawarah digelar untuk mencapai kata mufakat di antara para peserta yang merupakan perwakilan warga seperti ketua RT, ketua RW, pengurus BPD, Babhinkamtibmas, Babinsa, dan tokoh masyawarakat,” tutur Haris. (*)