Penyaluran BST Tahap II di Cikangkung Libatkan 682 Penerima

oleh -
Kepala Desa Cikangkung, Gunawan (kedua dari kiri) berbincang-bincang dengan salah satu penerima BST tahap II dari Pemkab Sukabumi.

Wartawan Ruli Budiana, S.AP.

Penyaluran dana bantuan sosial tunai (BST) tahap II dari Pemkab Sukabumi di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jumat (4/9/2020) siang berjalan dengan lancar.

Pada pembagian bantuan tersebut, Pemdes Cikangkung memberikan BST kepada 682 KPM (keluarga penerima manfaat) yang masing-masing menerima dana sebesar Rp600 ribu.

“Pemberian bansos dari kebupaten ini bertujuan untuk membantu warga terdampak Covid-19 yang tidak menerima bantuan dari sumber lain,” kata Kepala Desa Cikangkung, Gunawan ketika ditemui di tengah kesibukan pemantauan pembagian BST tahap II.

Pembagian BST diselenggarakan di aula Balai Desa Cikangkung. Perangkat desa menyerahkan dana BST tersebut langsung kepada KPM. Dari kas daerah, BST disalurkan ke desa melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi.

Pendataan KPM melibatkan para ketua RT dan ketua RW yang paling mengetahui kondisi masyarakat yang sesungguhnya. Hasil dari pendataan menunjukkan, penerima BST kabupaten tidak tumpang tindih dengan basos provinsi, PKH, BPNT, dan program bantuan sosial lainnya. Para penerima juga merupakan warga yang terdampak  Covid-19.

Sebelum pembagian BST, Sekretaris Kecamatan (Sekmat) Ciracap, Burhanudin menyampaikan pesan-pesannya. Dia mengharapkan BST yang diterima KPM dapat mengurangi beban keluarga masing-masing yang belakangan ini bertambah berat karena wabah Covid-19. Burhanudin meminta KPM untuk berhati-hati dan cermat dalam membelanjakan uang dari BST. 

“Jumlah penerima bantuan sosial tunai dari kabupaten di Desa Cikangkung paling banyak di Kecamatan Ciracap. Kita harus bersyukur adanya dana ini,” tutur dia.

Sekmat juga mengajak masyarakat untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan dan terus menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. Dia yakin warga Desa Cikangkung dapat diandalkan dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di tempatnya masing-masing.

Pembagian BST dilakukan secara berurutan dan bertahap berdasarkan dusun. Urut-urutannya adalah dusun-dusun Cibanteng, Panggapan, Cibuluh, Cikaramat, dan Ciputat.

Di tempat pembagian BST tampak hadir Kasi Penanganan Anak dan Lanjut Usia Dinsos Kabupaten Sukabumi, Cece Irwan dan stafnya Reza Maulana, Bhabinkamtibmas Desa Cikangkung  Bripka A Yusup, Babinsa Cikangkung Serda Dalim Muslih, staf kantor kecamatan , serta perangkat desa dan para kepala dusun dan perangkat desa di Desa Cikangkung. (*)