DPRD-Pemda Sepakati Asumsi dan Patokan APBD 2021

oleh -
Ketua DPRD Kota Sukabumi, H. Kamal Suherman.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Pemerintah danDPRD Kota Sukabumi menyepakati asumsi dasar dan patokan untuk penyusunan APBD tahun anggaran 2021. Kesepakatan itu tercapai pada rapat kerja gabungan antara Badan Anggaran DPRD Kota Sukabumi dan Pemkot Sukabumi, Rabu (5/8/2020).

Asumsi dasar dan patokan APBD itu tertuang di dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2021. Kesepakatan legislatif dan eksekutif terkait KUA dan PPAS tahun 2021 tersebut dituangkan dalam nota kesepakatan yang ditandatangani setelah rapat kerja bersama.

“Selaku pimpinan dan anggota DPRD, kami mengharapkan penandatanganan  nota kesepakatan ini menjadi acuan untuk meningkatkan koordinasi dalam memantapkan penyusunan dan perencanaan anggaran yang transparan dan akuntabel,” kata Ketua DPRD Kota Sukabumi, H. Kamal Suherman setelah mengikuti rapat kerja.

KUA, jelas dia, merupakan dokumen sebagai bahan untuk membuat kebijakan pendapatan, belanja, pembiayaan, serta asumsi yang mendasari APBD satu tahun ke depan.

“Dokumen ini berisi penjabaran dari Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang dijadikan acuan dalam penyusunan PPAS tahun 2021,” ujar politisi Partai Gerindra tersebut.

Adapun PPAS dapat diartikan sebagai pedoman atau patokan dalam pengalokasian anggaran untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang juga acuan dalam penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) tiap SKPD.

“Dengan tercapainya kesepakatan KUA PPAS, legislatif dan eksekutif telah menyetujui skala prioritas dalam pembangunan daerah,” tuturnya.

Dari kesepakatan ini, lanjut Kamal, DPRD dan pemda bisa menentukan prioritas program untuk masing masing urusan untuk menghasilkan perencanaan dan sistem pengaggaran yang baik, tepat waktu, dan tepat sasaran. (*)