Komandan Yon Armed 13 Sebut Idul Adha Tahun Ini Lebih Bermakna

oleh -
Kegiatan pemotongan hewan kurban di Markas Yon Armed 13/Nanggala sebagai bagian dari ibadah Idul Adha.

Wartawan Agus Setiawan

Para prajurit Batalyon Artileri Medan (Yon Armed) 13/Nanggala memanfaatkan Idul Adha 1441 Hijriyah untuk berbagi dengan sesama. Komandan Yon Armed 13/Nanggala, Letkol Arm Micha Arruan, S.E., M.M. mengatakan, tahun ini Idul Adha lebih bermakna, penuh hikmah, dan sangat bermanfaat karena munculnya wabah Covid-19.

Akibat wabah Covid-19, sebagian masyarakat dalam keadaan susah dan kesulitan secara ekonomi. Di tengah kesulitan itulah, keluarga besar Yon Armed 13/ Nanggala, Jumat (31/7/2020), memberikan kurban berupa sapi dan dan kambing untuk dibagikan kepada masyarakat di sekitar markas yakni di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 122 Cikembang, Desa Sukamulya, Cikembar, Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan ibadah Idul Adha 1441 Hijriyah dipusakan di Masjid Yon Armed 13/Nanggala. Letkol Micha Arruan meninjau langsung pelaksanaan pemotongan hewan kurban dan pembagian daging kurban ke masyarakat.

“Ibadah kurban ini selain merupakan wujud ketaatan juga bukti kepedulian kepada sesama,” ujar dia.

Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah tahun 2020 merupakan momentum yang tepat untuk menyalurkan bantuan hewan kurban kepada masyarakat yang membutuhkan yang tengah dilanda dampak wabah Covid-19, kata Lekol Micha Arruan. Karena itu kesediaan para prajurit untuk menyerahkan hewan kurban merupakan bentuk kepedulian terhadap nasib sesama.

“Prajurit TNI memiliki tradisi selalu dekat dengan rakyat. Melalui ibadah kurban ini, para prajurit Yon Armed 13 selain menunjukkan kedekatan dengan masyarakat juga berupaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” tutur dia. 

Dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban, para prajurit dari satuan bantuan tempur di bawah komando Resimen Artileri Medan 2/Divisi Infanteri 1/Kostrad ini menerapkan protokol kesehatan. Untuk pendataan penerima daging kurban, panitia berkoodinai dengan ketua RT dan ketua RW di lingkungan markas.

Pengelolaan daging kurban dikordinasikan oleh Pasi 3/Personalia Yon Armed 13/Nanggala, Kapten Arm Dwi Putra P selaku ketua panitia. (*)