Kantor Desa Neglasari Dibobol Maling, Kerugian Sekitar Rp40 Juta

oleh -

Wartawan Agus Setiawan

Kantor Desa Neglasari, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi dibobol maling pada dini hari tadi. Akibat aksi maling itu, Kantor Desa Neglasari mengalami kerugian materi sekitar Rp40 juta.

“Kami baru tahu pagi tadi kantor kami dibobol pencuri setelah mendapat laporan dari staf desa yang masuk kerja. Kejadiannya diduga dini hari. Sudah kami laporkan ke Polsek Nyalindung. Sementara hasilnya masih dalam penyelidikan kepolisian,” kata Sekdes Neglasari, Budi Setiawan saat ditemui wartawan di Kantor Desa Neglasari, Kamis (30/07/2020) pagi.

Barang-barang yang digondol pencuri dari kantor desa antara lain 1 set komputer, 2 laptop, 4 unit printer, 1 pompa air, 1 box CCTV, 1 TV LED 32 inchi, 2 TV LED 21 inchi, dan tabung gas.

“Sejak pagi staf di desa kami tidak bisa memberikan pelayanan karena komputer dan printer dibawa maling. Kami harus mencari alat kerja alternatif,” kata Budi.

Menjelang siang, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Neglasari meninjau tempat kejadian perkara (TKP). Tidak berapa lama, tim dari Kantor Kecamatan Nyalindung juga tiba di Kantor Desa Neglasari.  

Keterangan yang dihimpun pelitasukabumi.com di lapangan menyebutkan, maling masuk dari tembok bagian belakang yang dibobol oleh mereka. Pencuri membuat lobang dengan bentuk lingkaran tidak sempurna. Lewat lubang itu, pencuri masuk ke dalam ruangan kantor untuk mengambil dan mengeluarkan barang-barang yang diembatnya.

Posisi tembok yang dijebol berada di ujung sebelah kiri dapur kantor. Dari dapur aksesnya langsung menuju ruang sekdes. Di dalam ruangan sekdes terdapat beberapa barang berharga yaitu laptop, TV, dan 2 printer. Saat kejadian, posisi pintu terkunci tapi kuncinya digantung di luar ruangan.

“Di dalam kantor ada pengendali CCTV. Kendali CCTV juga dibawa pencuri. Kami menunggu hasil olah TKP dan penyelidikan oleh kepolisian,” kata Budi. (*)