Besok Lebaran Haji, Pemintaan Daging Ayam Naik Drastis

oleh -
Lapak ayam potong di Jalan Koleberes dipenuhi pembeli memasuki H-1 Idul Adha 1441 Hijriyah.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Memasuki H-1 Idul Adha 1441 Hijriyah permintaan daging ayam melonjak tajam. Lapak daging ayam potong milik Nining Salah di Jalan Koleberes depan gerbang Perum Nirwana Graha, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi sejak Kamis (30/7/2020) pagi diserbu pembeli. 

Para pembeli berdatangan tanpa henti sejak pukul 06.00 WIB ketika Nining masih membereskan lapaknya. Sampai siang lapaknya tidak kosong dari pembeli daging ayam potong.

“Sudah biasa ketika mau menghadapi Lebaran Haji lapak saya selalu ramai. Kami telah memperkirakan dari kemarin, hari ini permintaan akan naik drastis. Sebelumnya beberapa pelanggan telah menguhubungi saya untuk memesan daging ayam,” kata Nining.

Stok daging ayam potong untuk dijual hari ini di lapak milik Nining kurang lebih 10 kuintal atau 1 ton. Nining sangat sibuk melayani para pelanggan yang terus mendatangi kiosnya. 

Walau permintaan melonjak, harga daging ayam potong relatif stabil. Nining menjual komoditasnya dengan harga normal Rp35 ribu perkilogram.

“Harga daging ayam masih stabil walau banyak permintaan untuk kebutuhan Lebaran besok. Mungkin harganya tetap hingga beberapa hari ke depan,” terangnya.

Sementara itu salah seorang pembeli, Farida (40) membeli daging hampir 5 kilogram untuk santapan Idul Adha. Dia membeli daging ayam dalam jumlah banyak untuk stok dua hari yaitu hari H dan H+1 Idul Adha.

“Sebagian dibuat sayur kari dan sate ayam. Kami juga menyiapkan untuk persediaan beberapa hari ke depan,” tutur Farida. 

Dia bersyukur atas kondisi harga daging ayam yang stabil. Menjelang Idul Adha, dia tidak perlu menambah pengeluaran. Jadi beban ekonomi pada Idul Kurban tahun ini tidak terlalu berat bagi Farida. (*)