Pangdam III: Semangat dan Sinegitas pada TMMD Harus Ditingkatkan

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami dan Kapoksahli Pangdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno bersama Dandim 0622 Letkol Arm Suyikno, S.Sos. (kiri) melakukan gunting pita sebagai tanda dibukanya Jembatan Rahong.
Dandim 0622 selaku Dansatgas TMMD ke-108 menyerahkan hasil TMMD ke-108 kepada Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.

Wartawan Sadeva Jampang

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, semangat gotong royong dan sinergitas yang tebentuk pada TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-108 harus terus dijaga dan ditingkatkan. Dengan semangat dan sinergitas tersebut, para prajurit TNI dan masyarakat dapat menyelesaikan semua kegiatan pada TMMD ke-108.

Penyataan Pangdam itu disampaikan Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Pangdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno pada penutupan dan penyerahan hasil TMMD ke-108 Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi di SMAN 1 Kalibunder, Rabu (29/7/2020). 

“Saya berharap kebersamaan dan sinergi yang telah terjalin selama ini dapat terus terbina dan ditingkakan. Kami mengajak semua kalangan untuk bersama-sama  membangun daerah guna mengatasi masalah dan tantangan di berbagai bidang,” kata Pangdam.

Dia memanjatkan syukur karena seluruh rangkaian TMMD ke-108 di Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi sejak pembukaan pada tanggal 29 Juni 2020 telah selesai dilaksanakan dengan target pencapaian 100 persen.

Di tempat penyerahan hasul TMMD ke-108 Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi, Pangdam juga menutup program TMMD ke-108 tahun 2020 di seluruh lokasi wilayah pembinaan teritorial Jabar dan Banten. 

“Berkaitan dengan berakhirnya kegiatan TMMD, selaku Pangdam III/Siliwangi, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi Jabar dan Banten serta seluruh instansi di daerah,” ujarnya.

Meskipun dilaksanakan saat pandemi Covid -19, kegiatan TMMD berjalan lancar dan mencapai target. Kodam III/Siliwangi berhasil melaksanakan TMMD ke-108 di Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Kodim 0611/Garut, Kodim 0605/Subang, dan Kodim 0623/Cilegon. 

Hasil kegiatan TMMD ke-108 secara simbolis diserahkan oleh Dandim 0622 selaku Dan Satgas TMMD ke108 Kodim 0622, Letkol Arm Suyikno, S.Sos. kepada Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.  Pada kegiatan itu bertindak selaku perwira acara adalah Kapten Arm Witono, S.H.I yang sehari-hari menjabat Pasiter (Perwira Seksi Teritorial) Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi.

TMMD ke-108 di Desa Sukaluyu telah melaksanakan 32 kegiatan fisik antara lain pembangunan jembatan, peningkatan jalan, pembangunan sarana MCK dan sumur bor, pembuatan gorong-gorong, pembangunan TPT, pembangunan posyandu, pembuatan bronjong, dan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH). Selain itu 10 kegiatan nonsifik berupa penyuluhan dan pembinaan.

Dua kegiatan pembangunan yang monumental berupa pembangunan Jembatan Rahong dengan ukuran panjang 40 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 8 meter dan pengaspalan jalan antara Kampung Cipalahpar dan Kampung Cimurilit dengan panjang 1.600 meter dan lebar 2,5 meter. 

Dalam sambutannya Bupati Sukabumi mengharapkan segala bentuk kerja sama yang telah terjalin selama ini antara TNI dengan pemda dan masyarakat dapat terus ditingkatkan. Hal ini, kata Marwan, sebagai bentuk kemanunggalan rakyat dengan TNI  yang diwujudkan dalam gotong royong.

“Mudah-mudahan kerja sama ini akan terus berlanjut. Alhamdulillah target kegiatan TMMD ke-108 di Kabupaten Sukabumi tercapai dalam waktu yang ditentukan. Kami harapkan masyarakat agar senantiasa ikut menjaga hasil kegiatan ini dengan baik,” ujar bupati. 

Secara khusus Bupati Marwan menyampaikan terima kasih kepada Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi beserta jajaran atas segala karya baktinya dalam menyelesaikan program TMMD ke-108 di Desa Sukaluyu.

“TMMD mendukung upaya peningkatan perekonomian rakyat serta sebagai bukti komitmen kerja sama dan sinergitas antara Pemda Kabupaten Sukabumi dengan TNI,” ungkapnya.

Di tempat penyerahan hasil TMMD ke-108 tampak hadir sejumlah perwira dan pejabat daerah serta tokoh masyarakat, antara lain Kahubdam III/Siliwangi Kolonel Chb Ahmad Wihana; Kasiter Korem 061/Suryakencana, Kolonel Kav Budiman Ciptadi; Wakakumdam III/Siliwangi Letkol Chk Suyatno, S.H.; Dansatradar 216/Cibalimbing Letkol Lek M. Miftahul Ghufron; mewakili Danpuslatpur Marinir 6  Antralina, Lettu Mar Heruman Johari; camat se-Wilayah VI Jampangkulon; Kapolsek Kalibunder Iptu Gatot Sukoco, S.H, M.H.; tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda Kecamatan Kelibunder.

Setelah penutupan TMMD ke-108, acara dilanjutkan dengan berbagai kegiatan sosial dan pemberdayaan antara lain penyerahan secara simbolis satu unit kursi roda dari bupati kepada Sifa warga Kecamatan Cimanggu, penyerahan bibit ikan sebanyak 220 liter dari Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi kepada Kelompok Tani Rasa Desa Sukaluyu, dan penyerahan Al-Quran dan sajadah dari Kemenag Kabupaten Sukabumi kepada Ponpes Nurul Huda Kecamatan Kalibunder.

Di ujung kunjungannya ke Desa Sukaluyu, Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno, Bupati Sukabumi, dan para pejabat sipil dan militer melakukan peninjauan ke lokasi sasaran fisik TMMD ke-108 Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi tahun 2020. (*)  

Jembatan Rahong, salah satu karya monumental TMMD ke-108.