TP PKK Kabupaten Gelar Safari Sosialisasi AKB di Pajampangan

oleh -
Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Zatnika Marwan (keenam dari kiri) dalam safari di Desa Suakatani, Kecamatan Surade.

Wartawan Sadeva Jampang

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Zatnika Marwan bersama rombongan menggelar safari untuk mensosialisasikan AKB (Adaptasi Kehidupan Baru) di tengah wabah Covid-19. Roadshow Ketua TP PKK itu berawal dari Kecamatan Ciemas dan Kecamatan Ciracap dan berakhir di Desa Sukatani, Kecamatan Surade.

Di tujuan akhir, selain menggelar sosialisasi AKB, Yani meresmikan gapura Kampung KB Desa Sukatani. Istri Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami itu juga menggelar bakti sosial berupa pembagian sembako kepada keluarga terdampak wabah Covid-19 dan bersama LSM Dampal Jurig membagikan Al-Quran, bibit ikan, macam-macam bibit pohon buah, bola untuk voley, dan sabun mandi.

“Tujuan kunjungan ini sebenarnya untuk melihat kondisi masyarakat setelah wabah Covid-19 di kecamatan-kecamatan. Dengan adanya wabah ini otomatis kegiatan PKK berhenti,” kata Yani di sela kesibukan kegiatan di Desa Sukatani, Jumat (24/7/2020).

Tujuan inti dari Kampung KB, ujar dia, adalah untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas dan sehahtera. Dia mengharapkan kehadiran Kampung KB dapat menunjang pemenuhan 8 fungsi keluarga.

“Salah satu fungsi keluarga menyangkut fungsi ekonomi. Mudah-mudahan segi ekonomi dan fungsi-fungsi lainnya bisa tercover oleh Kampung KB,” kata Yani.

Di tempat peresmian gapura Kampung KB Desa Sukatani, Kasubbag TU UPTD Pengendalian Penduduk (Dalduk) Kecamatan Surade, Irma Yuniani, S.Sos., M.M. mengatakan, Kampung KB di Desa Sukatani berstatus dasar yang dapat didorong menjadi berkembang, kemudian menjadi mandiri. Dia mengapresiasi respon dari pemerintahan Desa Sukatani yang sangat tinggi terhadap pengembangan Kampung KB.

“Pengembangan Kampung KB bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat melalui  program Bangga Kencana atau program kependudukan dan keluarga berencana,” jelas Irma. 

Peran dan kiprah Kampung KB terintegrasi dengan semua sektor pembangunan, lanjut dia. Karena itu melalui Kampung KB, masyarakat diarahkan untuk mencapai kemajuan di sektor-sektor pendidikan, agama , sosial dan budaya, ekonomi, kesehatan, lingkungan, dan penguatan tradisi gotong royong. (*)