TMMD ke-108, Pembangunan Rambat Beton Cigombong Sudah 60 Persen

oleh -
Sebelum memulai kegiatan, para prajurit TNI menggelar apel untuk mendapatkan pengarahan di lokasi pembangunan rambat beton oleh TMMD ke-108 di Kampung Cigombong, Desa Sukaluyu.

Wartawan Sadeva Jampang

Pembangunan rambat beton di Kampung Cigombong, Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi pada TMMD ke-108 Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi berjalan lancar dan sesuai rencana.  Para prajurit Kodim 0622 dan Yon Armed 5/105 Tarik Cianjur bersama masyarakat dengan penuh semangat mengerjakan kegiatan fisik tersebut.

Setiap pagi sebelum beraktivitas di tempat pembangunan rambat beton, para prajurit TNI menggelar apel untuk mendapatkan pengarahan dan berdoa bersama. Setelah apel, mereka dengan penuh semangat dan pengabdian yang tinggi langsung melanjutkan kegiatan pembangunan.

“Masyarakat kagum melihat semangat anggota TNI yang diturunkan di lokasi pembangunan untuk TMMD ke-108,” kata Kepala Desa Sukaluyu, Muhibin ketika ditemui di Cigombong, Senin (6/7/2020).

Berita terkait: Kegiatan Non-fisik TMMD di SMAN Kalibunder Diisi Penyuluhan Pertanian

Jalur rambat beton yang dibangun para prajurit TNI itu memiliki panjang 650 meter dengan lebar 2 meter dengan ketebalan 10 cm. Sampai sekarang, ujar Muhibin, tingkat penyelesaian pembangunan rambat beton berada di kisaran 60 persen.

Dalam pengerjaan rambat beton sempat muncul kendala berupa penambahan gorong-gorong yang tidak masuk di dalam rencana anggaran biaya (RAB) sehingga sementara waktu terhenti. Namun kemudian hambatan itu dapat diatasi setelah berdiskusi dengan pemerintah desa.

“Pembangunan rambat beton di Kampung Cigombong yang dikerjalan oleh TMMD ke-108 Kodim 0622 dapat diselesaikan sekitar satu minggu lagi,” ucap Muhibin.

Masyarakat bersama TNI bahu-membahu membangun rambat beton di Cigombong.

Sementara itu Pasiter (Perwira Seksi Teritorial) Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Kapten Arm Witono, S.HI. mengatakan keoptimisannya seluruh kegiatan pembangunan fisik maupun nonfisik pada TMMD ke-108 di Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder dapat selesai tepat waktu

“Alhamdulillah pada semua kegiatan, para prajurit TNI dan masyarakat bersinergi dengan baik dalam bentuk gotong royong. Kami selalu berupaya untuk mendorong masyarakat supaya terlibat dalam kegiatan pembangunan,” ujar dia.

Salah satu tujuan TMMD, lanjut Kapten Witono, adalah mengembalikan nilai-nilai gotong royong agar tertanam dengan kuat di tengah masyarakat. Dengan kekuatan gotong royong, kata dia, tim pelaksana TMMD ke-108 bersama masyarakat dapat menyelesaikan berbagai kegiatan sesuai rencana dan target.

“Kami menghadapi medan yang berat dengan lokasi yang sulit dijangkau serta hujan yang cukup deras. Dengan kebersamaan dan gotong royong, hambatan tersebut dapat diatasi,” kata Kapten Witono.

Semua kegiatan TMMD, lanjutnya, bermuara pada tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. (*)