PSN Persiapkan Deklarasi dengan Semboyan Bersama Kita Kuat

oleh -
Pengurus dan anggota PSN menggelar rapat persiapan deklarasi di Geopark Ciletuh yang dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi H. Ujang Abdurrahim Rochmi alias Haji Batman.

Wartawan Sadeva Jampang

Kehadiran Press Sukabumi Ngahiji (PSN) semakin eksis dan mendapat pengakuan dari berbagai kalangan. Dalam waktu dekat organisasi ini akan menggelar deklarasi untuk mengukuhkan secara formal peran dan kiprahnya sebagai tempat berhimpun para wartawan media cetak, online, dan elektronik. Deklarasi tersebut mengusung semboyan ‘bersama kita kuat’. 

“Sebenarnya kehadiran organisasi ini sudah cukup lama dan sudah banyak berperan dalam pengembangan profesionalisme pengurus dan anggota,” kata Ketua Umum PSN, Iwan Sugiyanto setelah memimpin rapat persiapan deklarasi di Villa Batman di Ciletuh Geopark, Ahad (5/7/2020).

Tempat rapat persiapan deklarasi difasilitasi oleh H. Ujang Abdurrahim Rochmi alias Haji Batman yang sehari-hari menjabat Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Golkar.

Namun, ujar Iwan, secara formal PSN belum dideklarasikan. Rencanya deklarasi akan diselenggarakan pada tanggal 25 Juli 2020 di Hotel Augusta Palabuhanratu.

Selain Iwan yang aktif di onenewsoke.com, puluhan wartawan hadir pada rapat persiapan deklarasi tersebut, antara lain Heri Gondrong dari obormerah.com, Syaefa Sumarna dari pelitasukabumi.com, Rusdi suaradesaku.com, dan Herlan Iswanto mediamabesbharindo.com.

“Organisasi yang kami kelola ini bertaraf nasional bukan hanya dalam lingkup Kota dan Kabupaten Sukabumi. Sudah memiliki AD/ART dan terdaftar secara resmi di instansi pemerintah terkait,” ujar Iwan.  

Untuk memperkuat kiprah dan posisi PSN, rapat persiapan juga membahas perubahan AD/ART untuk menyesuaikan dengan status sebagai organisasi bertaraf nasional. Pada rapat itu, Iwan menerapkan asas demokrasi dengan memberikan kesempatan kepada semua anggota untuk menyampaikan pendapat dan pandangannya.

Maju mundurnya organisasi, lanjut Iwan, tergantung pada militansi anggota dalam menjalankan peran, tugas, dan fungsinya masing-masing secara benar. Iwan menegaskan, dalam mengelola PSN, dia akan mengedepankan asas demokrasi, musyawarah untuk mufakat. PSN harus berani melakukan pembenahan internal secara kontinyu untuk perbaikan kinerja organisasi.

“Jadi sebelum kami melangkah untuk melebarkan sayap, internalnya dulu harus dibenahi dulu. Kami tidak mungkin mengembangkan sayap kalau internalnya masih bobrok. Itulah fokus pembicaraan rapat hari ini,” kata dia.

 “Secara khusus kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Haji Batman yang telah menyediakan tempat untuk rapat ini,” tambahnya.

Pada kesempatan ketika menyampaikan sambutan, Haji Batman mengatakan, dia lebih suka dipanggil teman atau saudara oleh kalangan insan pers. Dia merasa bangga mendapatkan waktu untuk berbicara di forum rapat persiapan deklarasai PSN. Untuk itu Haji Batman mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran pengurus PSN.

“Acara rapat dan silaturahmi ini merupakan kesempatan yang istimewa bagi saya karena bisa berkumpul dan bertukar pandangan dengan rekan-rekan wartawan,” ujar dia.

Baginya media merupakan kebutuhan vital sebagai sumber informasi dan kontrol sosial. Dengan peran media, goepark Ciletuh bisa besar dan terkenal seperti sekarang. Dia mengajak anggota PSN untuk terus menjalankan peran dan fungsinya untuk memajukan daerah, termasuk mempromosikan dan menginformasikan geopark.

Pada bagian lain, Haji Batman menyampaikan permohonan maaf jika pelayanan dan fasilitas yang diberikan kurang memuaskan pengurus dan anggota PSN. (*)