Harganas ke-27, UPT Dalduk Jampangkulon Capai Target Akseptor Baru KB

oleh -
Pelayanan akseptor KB di Puskesmas Cibitung dalam rangka peringatan Harganas wilayah kerja UPT Dalduk Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Sadeva Jampang

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 di wilayah kerja UPT Pengendalian Penduduk (Dalduk) Jampangkulon diisi dengan pelayanan KB serentak yang dipusatkan di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi, Senin (29/6/2020). Pada kegiatan itu, tim berhasil menyelesaikan pemeriksaan terhadap 197 akseptor baru KB.

Kepala UPT Dalduk Jampangkulon Tedi Jauhari, S.I.P. menjelaskan, Harganas dilaksanakan serempak secara nasional dalam rangka mewujudkan target satu juta akseptor baru. Alhamdulillah, kata dia, akseptor baru KB terlayani semuanya dan  sesuai target bahkan melebihi target.

“Pelayanan KB dilaksanakan di rumah bidan mandiri, puskesmas pembantu, dan hari ini di Puskesmas Cibitung,” ujar Tedi.

Peringatan Harganas tingkat UPT Dalduk Jampangkulon dihadiri para pejabat daerah dan wilayah antara lain Sekretaris Dinas Dalduk dan KB Kabupaten Sukabumi, H.  Agus Sanusi, SKM., M.Si., Camat Cibitung Enang Hasirin, Danramil Jampangkulon Kapten Arm Witono, dan Kepala Puskesmas Cibitung Yogi.

“Insya Allah kami dapat menciptakan akseptor baru secara terus-menerus. Semoga kegiatan ini bermanfaat. Di tengah wabah, kami melaksanakan kegiatan dengan mengikuti protokol kesehatan,” jelasnya.  

Jumlah akseptor KB yang dilayani terdiri dari akseptor MKJP (metode kontrasepsi jangka panjang) sebanyak 97 orang (90 implan dan 7 IUD) dan akseptor non-MKJP sebanyak 100 orang (52 suntik dan 48 pil). Totalnya 197 orang.

Dalam sambutannya, Sekretaris DPPKB Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi menyampaikan ucapan terima kasih kepada UPT Dalduk, puskesmas, para bidan, dan PLKB (Petugas Lapangan KB) yang telah mencapai target akseptor baru KB di Wilayah VI Jampangkulon. Pencapaian target tersebut dapat menunjang target satu juta akseptor baru di tingkat nasional.

“Hal ini dapat terwujud berkat  kerja sama yang baik di antara UPT dan puskesmas. Hendaknya kerja sama ini dilanjutkan dan dikembangkan,” ujar Agus. (*)