Kades Gunungkaramat Membedah Rumah Milik Janda Miskin

oleh -
Warga siap bergotong royong untuk merubuhkan dan membangun kembali rumah milik Nani di Desa Gunungkaramat yang tidak layak huni.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Kedermawanan Kades Gunungkaramat, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Subaeta sudah teruji dengan bukti dan terukur oleh waktu. Didorong oleh semangat kemanusiaan, Kades Subaeta merogoh dana dari saku pribadinya untuk membantu pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) bernama Nani (40) warga Kampung Keramatjaya RT 06 RW 02 Desa Gunungkaramat.

“Alhamdulillah, saya dapat membantu pembangunan rumah Ibu Nani yang secara fisik benar-benar tidak layak sebagai tempat tinggal,” kata Subaeta di tengah persiapan pembangunan rumah milik Nani, Minggu 928/6/2020).

Untuk mewujudkan pembangunan rumah tersebut, Subaeta mengirimkan tim khusus ke Kampung Keramatjaya. Bersama masyarakat setempat, Subaeta dan timnya merubuhkan rumah milik Nani dan mengangkuti material bangunan ke lokasi tersebut. Pembangunan pun dimulai.

“Saya sangat miris, ada salah seorang warga tinggal di rumah panggung berukuran 3 x 4 meterpersegi yang sudah tidak layak huni,” kata Subaeta. 

Kenyataannya, rumah milik Nani berdinding dan beratap bilik bambu yang telah keropos. Bagian tiang penyangganya sudah lapuk dan rusak. Berdasarkan informasi yang diterima dari para tetangga, rumah tersebut merupakan peninggalan neneknya dan sampai sekarang belum pernah dilakukan perbaikan.

“Rumah ini juga belum tersentuh program rehabilitiasi yang dibiayai oleh pemerintah,” jelas kades.

Kehidupan Nani serba kekurangan. Subaeta menemukan rumah Nani ketika melakukan ronda malam dari kampung ke kampung bersama anaknya. Dalam perjalanannya dia menemukan rumah Nani yang keadaannya tidak layak huni di tengah rumah para tetangganya rumah layak huni.

Rencananya rumah Nani akan diperluas menjadi berukuran 7 x 5 meterpersegi dengan struktur dinding rumah menggunakan bata hebel. Untuk pembelian material bangunan semuanya ditanggung oleh Subaeta, sedangkan untuk tenaga dipenuhi dengan gotong royong masyarakat. Subaeta menyisihkan hasil dari usaha pertanian yang ditekuni keluarganya untuk membiayai pembangunan rumah Nani.

“Kami berharap kepada masyarakat Desa Gunungkaramat agar bisa bergotong royong untuk membangun rumah Bu Nani. Begitu juga gotong royong harus diterapkan di semua kegiatan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Subaeta. (*)