Tim Covid-19 Jampangkulon Sigap Tindaklanjuti Laporan Warga

oleh -
Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Jampangkulon memeriksa warga yang ditemukan pingsan di pinggir jalan oleh masyarakat.

Wartawan Sadeva Jampang

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi selalu sigap menindaklanjuti laporan atau keluhan dari warga. Di tengah serangan Virus Corona, tim ini tetap berjuang dan berjibaku untuk membela kepentingan dan keselamatan masyarakat dari gangguan sekecil apapun yang dapat meresahkan warga.

“Kami selalu ada dan siap untuk menindaklanjuti laporan atau keluhan dari masyarakat. Dengan segala sumber daya yang ada pada kami, tim bekerja untuk kepentingan warga,” kata Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Jampangkulon, dr. Givan kepada wartawan, Kamis (28/5/2020).

Bentuk laporan yang disampaikan masyarakat ke Tim Gugus Tugas, ujar Givan, bisa berupa gangguan kesehatan yang dialami warga, permintaan penyemprotan disinfektan, sosialisasi dan pembagian masker gratis, atau laporan ada warga yang kondisi kesehatannya mengkhawatirkan.

Pada Rabu (27/5/2020), warga Desa Bojonggenteng, Kecamatan Jampangkulon melaporkan ada warga yang pingsan di pinggir jalan besar yaitu di Jalan Leuwinanggung. Warga yang dilaporkan itu tergeletak begitu saja di trotoar toko. Orang yang pingsan itu tidak mengalami gejalan dan tanda-tanda akan kehilangan kesadaran sebelumnya.

“Jadi warga tersebut tiba-tiba pingsan. Masyarakat melaporkan temuan itu kepada kami. Di tengah wabah Covid-19, kejadian seperti itu tentu dapat menimbulkan keresahan dan kekhawatiran,” jelas Givan.

Setelah menerima laporan, tim langsung bergerak ke lokasi. Dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap, Givan melakukan pemeriksaan cepat di lokasi terhadap orang tersebut. Setelah itu, tim membawanya ke Puskesmas Jampangkulon.  

“Dari hasil pemeriksaan di puskesmas diperoleh kesimpulan, orang tersebut mengalami kelelahan hingga lemas. Kebetulan dia mengidap penyakit kronis. Alhamdulillah setelah ditangani oleh kami, dia sadar dan kondisinya terus membaik,” jelas Givan.

Diketahui kemudian, orang yang pingsan itu merupakan warga Kampung Leuwinanggung, Desa Bojonggenteng, Kecamatan Jampangkulon. Selanjutnya pria setengah baya tersebut mendapatkan perawatan dari tim medis Puskesmas Jampangkulon. (*)