Malam Takbiran, Polsek Jampangkulon Amankan Puluhan Botol Miras

oleh -
Kanit Reskrim Polsek Jampangkulon, Bripka Riki R., S.H. memeriksa aneka miras yang diamankan dari sebuah warung dalam operasi razia cipta kondisi pada malam takbiran.

Wartawan Sadeva Jampang

Tekad jajaran Polsek Jampangkulon, Polres Sukabumi untuk menggulung praktik peredaran minuman keras (miras) tidak dapat ditawar-tawar lagi. Pada malam takbiran ketika sebagian besar umat Islam sedang mengumandangkan kebesaran Allah SWT, Sabtu (23/5/2020), tim operasi razia miras Polsek Jampangkulon berhasil menyita puluhan botol miras dari sebuah warung.

Operasi razia miras itu merupakan kegiatan lanjutan dalam rangka cipta kondisi (cipkon) di wilayah hukum Polsek Jampangkulon. Persiapan operasi dilakukan sekitar pukul 20.00 di Mako Polsek Jampangkulon  sebelum tim begerak ke titik sasaran.

Dari mako, tim langsung menuju ke sebuah warung yang diduga menyimpan dan menjual miras di Jalan Raya Ciawitali Kampung Ciawitali RT 023 RW 008 Kelurahan/Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi. Di tengah kumandang takbir, tim berhasil menemukan puluhan botol miras di dalam warung.

“Kami menerima laporan dari masyarakat adanya pejualan miras di sebuah warung. Laporan tersebut kami tindaklanjuti dan ternyata benar warung tersebut menyimpan dan menjual miras,” kata PS Kanit Reskrim Polsek Jampangkulon, Bripka Riki R., S.H. ditemui wartawan di tempat operasi razia miras.

Dari operasi itu, total miras yang diamankan jajaran Polsek Jampangkulon mencapai 63 botol yang terdiri dari berbagai jenis dan merek. Rinciannya merek McDonald dengan kandungan alkohol 4,69 persen sebanyak 3 botol, Newport Blue (19 persen alkohol) 12 botol, Iceland (40 persen alkohol) 8 botol, dan anggur merah Colombus (14.7 persen) 1 botol.

Selanjutnya Whisky (43 persen alkohol) 3 botol, anggur kolesom (19,7 persen) 18 botol, merek Singaraja (4,8 persen alkohol) 1 botol, miras merek Gilbey (43 persen) 2 botol, dan miras jenis anggur merah (14,7 persen alkohol) 15 botol.

“Tujuan operasi ini supaya tercipta Jampangkulon bebas dan bersih miras. Operasi kami laksanakan secara rutin tiga kali dalam satu minggu,” ujar Bripka Riki.

Sebelumnya Polsek Jampangkulon menggelar operasi sejenis sepanjang bulan Ramadhan dengan hasil yang gemilang. Dari semua operasi-operasi tersebut, miras yang diamankan langsung dikirimkan ke Mapolres Sukabumi di Palabuhanratu untuk dimusnahkan.

“Kegiatan cipkon ini berjalan dalam keadaan aman dan kondusif. Masyarakat pun mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan ini. Harapan kami, operasi ini dapat menjaga situasi kamtibmas wilayah hukum Polsek Jampangkulon,” tuturnya.

Pada operasi itu turut serta terjun ke lapangan para pejabat dan anggota Polsek Jampangkulon antara lain Aiptu Hartono (PS. Kanit Sabhara), Bripka Herman Jaya (KSPKT III), Brigadir Ade Murdani (Anggota Unit Reskrim), Brigadir Sucipno (Anggota Jaga), dan Brigair Hery (Angota Jaga). (*)

Berita terkait: Kapolsek Jampangkulon Pimpin Operasi Razia Miras