Linmas Karamat Terima Bantuan dari Donasi Pegawai

oleh -
Penyerahan paket sembako kepada anggota Linmas yang mengabdi di wilayah Kelurahan Karamat.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi menerima bantuan berupa paket sembako dari hasil donasi para pegawai kelurahan. Mereka menerima bantuan tersebut seusai apel siaga Covid-19 dan pengamanan malam Idul Fitri 1441 Hijriyah di halaman Kantor Kelurahan Karamat, Jumat (22/5/2020).

Pada pembagian sembako itu tercatat ada 51 angggota Linmas yang berasal dari seluruh RW di Kelurahan Karamat. Lurah Karamat Hery Purnomo menjelaskan, tahun ini tidak ada bantuan atau uang kadeudeuh dari Pemkot Sukabumi untuk Linmas. Karena itu lurah dan seluruh jajarannya berinisiatif  mengumpulkan donasi untuk menghimpun bantuan bagi Linmas.

Salah satu sumber donasi untuk paket sembako bagi Linmas itu adalah program Karamat Peduli Sesama (Kardus). Hasil dari donasi tersebut dibelanjakan pada paket sembako untuk diberikan kepada anggota Linmas.

“Kebanyakan anggota Linmas di wilayah kami telah berusia lanjut. Melihat kondisi ekonominya mereka patut dibantu,” ujar Hery.

Fungsi dan peran Linmas cukup penting bagi pemerintahan dan masyarakat. Mereka merupakan mata dan telinga ketua RW masing-masing. Linmas memotret kondisi wilayah masing-masing untuk dilaporkan ke kantor kelurahan.

“Jangan sampai ada kejadian diketahui duluan oleh orang lain. Saya ingin anggota Linmas yang lebih dulu untuk melaporkan kepada kami. Tidak boleh terjadi ada warga yang kelaparan, kami tidak tahu. Linmas bertugas untuk melaporkan semua yang terjadi di tengah masyarakat,” tuturnya.

Lurah Karamat, Hery Purnomo.

Linmas juga, kata Fery, berperan dalam kesiapsiagaan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Mereka berdiri sebagai garda paling depan dalam pengamanan wilayah. Melalui Linmas, aparat pemerintah dapat mengetahui perkembangan di lapangan.

Pada apel siaga itu, Hery menekankan, Linmas harus menjadi contoh dan teladan dalam penerapan aturan protokol kesehatan di wilayahnya.

“Linmas membantu pemerintah untuk memperkecil risiko bencana. Saat ini kita sedang menghadapi bencana penyebaran Covid-19,” kata Hery. (*)