Harkitnas, BIN-Bawaslu-Dishubdar Kota Semarang Bagi-bagi Masker

oleh -
Petugas gabungan membagi-bagikan masker kepada penduduk yang sedang beraktivitas di luar rumah dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun 2020.

Wartawan Iyus Firdaus PWI  

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2020 di tengah-tengah wabah Covid-19 di Kota Semarang diisi dengan kegiatan bagi-bagi masker oleh tiga instansi berbeda yakni Badan Intelijen Negara (BIN), Bawaslu, dan Dinas Perhubungan Darat (Dishubdar). Kegiatan sosial tersebut dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dari Rabu (20/5/2020) sampai dengan Jumat (22/5/2020).

Lokasi kegiatan sosial itu di berbagai tempat area umum antara lain Terminal Terboyo, Mangkang, dan Terminal Grobogan Purwodadi. Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin mengatakan, kegiatan bersama yang digelarnya merupakan bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19.

“Penyelenggaraan bakti sosial ini tetap memperhatikan aturan protokol kesehatan seperti ditetapkan oleh pemerintah,” kata Amin.

Rute utama pembagian masker, ujar dia, adalah pasar-pasar tradisional, terminal, dan tempat-tempat keramaian yang ada di Kota Semarang. Pertimbangannya di tempat-tempat tersebut masih banyak warga yang tidak mengenakan masker. Selain itu masih terjadi kerumunan yang melibatkan orang dalam jumlah besar.

“Program ini mendapat apresiasi dari masyarakat karena memang sangat bagus. Kami mengharapkan gerakan ini tidak berhenti sampai pembagian masker,” tutur dia.  

Amin menginginkan kerja sama dengan berbagai instansi tersebut dapat dilanjutkan dengan program-program susulan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang bahayanya Virus Corona. Diharapkannya kegiatan itu bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan masing-masing untuk mencegah penyakit, termasuk Covid-19.  

Sementara Budi Susilo dari Terminal Ungaran ketika ditemui di lapangan mengatakan, kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah sudah cukup baik walaupun masih ada beberapa anggota masyarakat yang lalai sehingga perlu diingatkan.

“Masyarakat harus memiliki kesadaran untuk menggunakan masker, tidak hanya waktu wabah Covid-19, tetapi juga untuk menjaga kesehatan,” terangnya.

Di tempat terpisah Kepala Seksi (Kasi) Terminal Grobogan Purwodadi, Mulyono mengatakan, selama mengikuti kegiatan bersama ini, dirinya masih melihat ada masyarakat yang tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar dan dalam ruangan. Salah satu penyebabnya kurang disiplin.

“Di sekitar tempat ini masih dijumpai masyarakat yang tidak memaki masker. Bagi-bagi masker sangat bagus untuk mengajak masyarakat agar berdisiplin dalam menjalankan protokol kesehatan,” ucap Mulyono. (*)