Dua Kecamatan Aman, Dua Lagi Masuk PSBB Tahap II

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menghadiri acara UPPKS di Kecamatan Kebonpedes bersamaan dengan hari terakhir PSBB tahap I. PSBB di Kabupaten Sukabumi berlanjut ke tahap kedua.

Wartawan Agus Setiawan

Dua kecamatandi Kabupaten Sukabumi yakni Kebonpedes dan Cicantayan dinyatakan aman dari Virus Corona. Sementara kasus Covid-19 muncul di dua kecamatan lain yaitu Cireunghas dan Bantargadung.

Dengan demikian, dua kecamatan yang aman digantikan posisinya oleh dua kecamatan yang memiliki kasus Covid-19 dalam status PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tahap II.

Hal itu disampaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami saat menghadiri acara UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) di Kecamatan Kebonpedes, Selasa (19/5/2020). Dalam pengumumannya, bupati menyampaikan, Pemkab Sukabumi memperpanjang PSBB untuk 14 hari ke depan setelah PSBB putaran pertama selesai.

“PSBB diperpanjang, masih parsial di 14 kecamatan. Tapi ada penggantian dua kecamatan oleh dua kecamatan yang baru,” kata bupati.

“Ada dua desa muncul yang memiliki kasus Covid-19  di Bantargadung dan Cireunghas. Jadi dua kecamatan ini dimasukan ke dalam PSBB parsial,” tambah Marwan.

Dengan demikian, 14 kecamatan yang masuk dalam daftar PSBB parsial tahap II terdiri atas Cireunghas, Bantargadung, Kadudampit, Sukabumi, Cisaat, Sukaraja, Sukalarang, Gunungguruh, Cibadak, Cicurug, Cidahu, Palabuhanratu, Parungkuda, dan Cikembar. 

Bupati meminta masyarakat tetap mentaati aturan PSBB seperti menggunakan masker dan menjaga jarak dengan orang lain ketika berada di luar rumah. Dan yang tidak kalah pentingnya masyarakat menghindari kerumunan massa serta selalu menjaga pola hidup sehat.

“Kami tidak bisa setengah-setengah dan main-main untuk perang melawan Virus Corona. Apalagi akhir-akhir ini ada kecenderungan jumlah kunjungan orang dari zona merah cukup tinggi ke Kabupaten Sukabumi,” tutur bupati.

Salah satu target dari pengamanan PSBB tahap II adalah menahan laju mudik ke Sukabumi. Menjelang Idul Fitri, kedatangan orang ke wilayah Sukabumi terus meningkat. (*)