Haji Andri Dorong Gugus Tugas Corona Bekerja Lebih Cepat

oleh -

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi  PPP, H. Andri Hidayana mendorong Gurus Tugas Covid-19 setempat untuk dapat bekerja lebih cepat dan gesit. Menurut Anggota Komisi I dan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sukabumi, gugus tugas belum menunjukkan kinerjanya yang maksimal sehingga masih terjadi masalah-masalah di lapangan.

“Berdasarkan hasil pemantauan di lapangan, kami menemukan kekurangan peralatan medis, alat pelindung diri atau APD, dan sarana lainnya yang mendukung penanganan Covid-19,” kata Andri ketika ditemui di Sekretariat DPC PPP Kabupaten Sukabumi Jalan Raya Cibolang, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/4/2020).

Dia mengharapkan gugus tugas dapat mengatasi kekurangan-kekurangan tersebut sehingga penanganan Covid-19 lebih efektif. Andri mendorong gugus tugas untuk dapat bekerja lebih cepat agar mencapai target-target yang telah ditetapkan.

Sejak Rabu (1/4/2020) seluruh Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi terjun ke lapangan untuk memantau penanganan Covid-19 oleh gugus tugas. Secara keseluruhan, Andri memuji hasil yang telah dicapai oleh gugus tugas yang telah dapat melakukan berbagai upaya dalam pencegahan penyebaran Virus Corona. 

“Kami ditugaskan Pimpinan DPRD untuk membantu gugus tugas dalam pelaksanaan regulasi pemerintah terkait penanganan Covid-19,” ujarnya.

Secara pribadi dan kelembagaan, kata Andri, dia dan para koleganya menyambut baik dibentuknya Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19. Gusus tugas ini sangat penting mengingat situasi dan kondisi penyebaran Virus Corona yang semakin menghawatirkan dengan meningkatnya ODP dan PDP.  

“Yang penting sekarang gugus tugas harus meningkatkan komunikasi dan kordinasi dengan semua kalangan termasuk legislatif,” kata Andri.

Pada bagian lain Andri juga mendorong gugus tugas untuk menyediakan alat pelindung diri dan peralatan lainnya untuk relawan di tingkat kecamatan dan desa. Selama ini mereka bekerja dengan peralatan dan perlengkapan seadanya.

“Pada dasarnya DPRD akan mendorong dan mendukung upaya pemda dalam pencegahan penyebaran Virus Corona,” ujarnya.

Karena itu, andri akan menyetujui berapa anggaran yang diajukan pemda untuk membiayai penanggulangan Covid-19. Saat ini Pemkab Sukabumi menganggarkan dana sebesar Rp14 miliar. Bagi Andri jangan kata Rp14 miliar, bahkan dianggarkan Rp100 miliar pun, dia tidak akan mempermasalahkannya.  

“Pencegahan Virus Corona ini harus kita dukung bersama karena mencegah lebih baik daripada mengobati,” tuturnya. (*)