Peringatan HUT ke-106 Kota Sukabumi Prihatin dan Sederhana

oleh -
Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dida Sembada ketika memberikan keterangan seputar pembatalan rangkaian kegiatan HUT ke-106 Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Rangkaian peringatan HUT ke-106 Kota Sukabumi yang dirancang sebagai kegiatan yang meriah dan gegap gempita berubah menjadi sepi dan penuh keharuan akibat Virus Corona. Rencana mendatangkan penceramah kondang asal Pekanbaru, Ustadz Abdul Somad pun dibatalkan.

“HUT Kota Sukabumi tahun ini memang penuh keprihatinan karena adanya musibah Virus Corona. Peringatan HUT ke-106 Kota Sukabumi dilaksanakan secara sederhana,” kata Sekda Kota Sukabumi, Dida Sembada saat merayakan syukuran HUT ke-106 Kota Sukabumi di Ruang Pertemuan bersama para wartawan, Kamis (2/4/2020).

Pada kegiatan itu, Dida didampingi Asisten Administrasi Setda Kota Sukabumi, Iskandar Ihfan serta Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi, Hendry Iman Hermansyah. Panitia, ujar Dida, telah menyiapkan rangkaian kegiatan yang dapat membuat Kota Sukabumi menjadi meriah dan seluruh penduduk bergembira ria.

Namun Allah SWT berkehendak lain, peringatan HUT ke-106 pun berlangsung sederhana dan tidak membuat acara massal.

“Semua rencana kegiatan dipastikan batal karena kami fokus pada penanganan Covid-19,” tutur dia.

Sementara itu Asisten Administrasi Iskandar selaku Ketua Panitia HUT ke-106 Kota Sukabumi mengatakan, panitia telah menyiapkan 89 mata kegiatan untuk memeriahkan ulang tahun tersebut. Setiap perangkat daerah akan menyumbang satu kegiatan. Persiapan telah dilakukan sejak awal bulan Maret 2020, kata Iskandar.

“Rencananya pada 1 April akan digelar upacara di Lapang Merdeka yang dimeriahkan dengan terjun payung oleh para prajurit Kodim 0607. Kemudian masih di Lapang Merdeka dirancang ada lomba panjat pinang dengan tujuh pohon dari tujuh kecamatan serta satu pohon yang diisi hadiah dari CSR perbankan,” jelas Iskandar.

Setelah itu akan digelar Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi, keliling kota dengan bus wisata,  lomba nasi tumpeng antar perangkat daerah,  jajanan gratis di PKL sepanjang Jalan H. Juanda, dan pelayanan publik di ruas jalan tersebut.  

Ada juga pawai rombongan pelari yang pesertanya dilepas di Bogor oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya dan finish Balai Kota Sukabumi untuk diterima oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi.  Panitia juga telah menyiapkan pergelaran akbar pesta rakyat dengan panggung besar di depan Balai Kota Sukabumi. (*)