Sarana Pengujian Kendaraan Pindah ke Baros

oleh -
Novian Restiadi

Wartawan Iyus Firdaus PWI  

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi akan memindahkan gedung dan sarana pengujian kendaraan bermotor dari Jalan Arif Rahman Hakim ke gedung baru di Kelurahan/Kecamatan Baros. Di gedung baru, Dishub akan mengoperasikan sarana dan prasarana yang masih gres, salah satunya alat uji kendaraan bermotor berteknologi modern.

“Kini pengadaan alat uji tersebut sedang dalam proses persiapan pelaksanaan kontrak. Alat ini memiliki akurasi yang tinggi sehingga data dari proses uji kendaraan bermotor lebih akurat,” kata Sekretaris Dishub Kota Sukabumi, Novian Restiadi kepada wartawan, Kamis (2/4/2020).

Pagu anggaran untuk pengadaan alat uji pengujian kendaraan bermotor  tersebut mencapai Rp1.280.000.000. Sebelumnya Dishub telah mengajukan persyaratan untuk seleksi dokumen perusahaan yang akan mengikuti kontrak. 

Operasional gedung pengujian baru menunggu pemasangan alat yang pengadaannya lewat lelang terbuka itu. Kemungkinan, kata dia, pengujian kendaraan di gedung baru  bisa berjalan pada akhir tahun atau triwulan keempat.

“Proyeksinya pemasangan alat pengujian berlangsung selama empat bulan sesuai dengan kontrak yang akan dilakukan oleh pemenang tender,” tambahnya.

Dalam pengadaan alat tersebut, lanjut dia, Dishub Kota Sukabumi mengacu pada daerah lain seperti Kabupaten Sukabumi, Kota Depok, dan Kota Bekasi untuk menentukan mereknya. Berdasarkan pengalaman di daerah tersebut, mereka yang dipilih memiliki jaminan mutu dan akurasi.

Ketika ditanya tentang kondisi Kota Sukabumi yang saat ini sudah masuk zona merah pendemi Virus Corona, Novian mengatakan proses tender alat tersebut tetap berjalan. Pemenang tender yang berdomisili di Bandung saat datang ke Sukabumi untuk melakukan klarifikasi teknis telah menjalankan protokol kesehatan.

“Saat datang kemarin, mereka menjalankan protap kesehatan yang telah ditentukan pemerintah,” jelas Novian.

Prosesnya sedang penandatanganan setelah SPPBJ diterbitkan. Pengusaha diberi waktu 14 hari untuk menyiapkan persyaratan-persyaratan yang ada di dalam draft kontrak. (*)