Iwan Kusdian Menjadi Kadisdukcapil, Sofyan ke Staf Ahli

oleh -
Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono melantik tiga pejabat eselon II.b, salah satunya Sofyan Efendi (paling kanan) yang dilantik menjadi Staf Ahli Bupati Sukabumi.

Wartawan Agus Setiawan

Pejabat senior dan legendaris di lingkungan Pemkab Sukabumi, Sofyan Efendi digeser dari posisi yang sudah lama dipegangnya. Dia dimutasi dari jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menjadi Staf Ahli Bupati Sukabumi. Posisi Kadisdukcapil Kabupaten Sukabumi diserahkan kepada Iwan Kusdian.

Sofyan dan Iwan bersama dengan Asep Sugianto yang menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Sukabumi dilantik oleh Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono pada acara pelantikan tiga Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama setingkat eselon II.b di di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Rabu (1/4/2020).

Dengan pelantikan tersebut, jabatan Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga yang ditinggalkan Iwan menjadi kosong dan kemungkinan dijabat oleh Plt kepala dinas. Sementara Sofyan yang sudah malang melintang dalam urusan dukcapil harus berkonsentrasi pada urusan pembangunan, ekonomi, dan keuangan sesuai bidang tugasnya selaku staf ahli bupati.

Pelantikan tiga pejabat tersebut berlangsung lain dari biasanya. Karena pelaksanaannya di tengah wabah Covid-19, para pejabat yang dilantik, wakil bupati, dan hadirin mengenakan masker sebagai alat pelindung diri (APD).

Dalam sambutannya Wabup Adjo menyampaikan, pembahasan mutasi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sudah dilaksanakan mulai bulan November 2019. Jadi pelantikan tersebut sudah direncanakan sejak lama.

”Pelantikan ini sudah sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku. Pelantikan dilaksanakan oleh saya selaku wakil bupati atas limpahan dan tugas dari kepala daerah,” ujar wabup.

Dalam hal ini, Pemkab Sukabumi telah mengantungi rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tentang pelaksanaan mutasi rotasi di lingkungan Pemkab.

Begitu juga pemda telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri melalui Keputusan Mendagri Nomor: 821.22-105 tahun 2020 tanggal 21 Januari 2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan Pimpinan Tinggi Pratama selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi dan surat Mendagri nomor: 821/2533/SJ tanggal 20 Maret 2020  perihal persetujuan pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman menjelaskan, pelaksanaan pelantikan pejabat di tengah wabah Covid-19 tersebut sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan.  

“Sehingga dalam pelaksanaannya kami mengikuti peraturan perundang-undangan tentang protokol kesehatan,” kata Ade. (*)