Harga Jahe Naik Meroket Hingga 100 Persen

oleh -
Salah satu pedagang sayur-sayuran di lapak Jalan Stasiun Timur menjual jahe dengan harga Rp50 ribu perkilogram atau du kali lipat dari harga normal.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Harga jahe sebagai salah satu bahan makanan meroket naik hingga 100 persen atau dua kali lipat dari harga normal. Di sejumlah pasar tradisional di Kota Sukabumi, harga jahe mencapai Rp50 ribu perkilogram, biasanya dalam keadaan normal hanya Rp25 ribu/kilogram. Bahkan untuk jahe ukuran besar dan tua, harganya bisa mencapai Rp90 ribu/kilogram.

Seorang pedagang sayuran yang menggelar lapak di Jalan Stasiun Timur,  Kota Sukabumi, Abah Adul mengatakan, harga jahe sudah satu bulan ini mengalami kenaikan yang cukup pesat. Kenaikan harga jahe ini, ujar dia, terjadi sejak muncul wabah Virus Corona. Bah Adul bersama penjual sayur-sayuran lainnya di pasar tradisional menjual jahe dengan harga terbaru yakni Rp50 ribu/kilogram.

“Baranganya langka karena jumlah pengirimannya juga terbatas. Jadi harganya naik,” kata Bah Adul kepada wartawan,  Kamis (26/3/2020).

Bah Adul mendapatkan pasokan jahe dari para petani di wilayah Sukabumi. Kadang-kadang juga dari tengkulak. Belakangan ini, pengiriman jahe ke pasar menjadi berkurang karena banyak diburu oleh masyarakat yang membeli jahe langsung dari kebun.

“Katanya banyak ibu-ibu yang menjadikan jahe sebagai campuran bahan makanan dan minuman yang dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh untuk mencegah Virus Corona,” jelas Adul.

Kondisi saat ini, persediaan jahe di kios-kios di pasar sangat tipis karena habis diborong pembeli. Setiap kali datang kiriman jahe, pada saat itu juga langsung dibeli oleh ibu-ibu.  Dalam satu hari ungkapnya, Adul bisa menjual jahe sekitar 15 kilogram.

Itu cerita untuk jahe kuning. Ada lagi satu jenis jahe lain yang harga dan prestisenya lebih tinggi yakni jahe merah. Seperti halnya jahe kuning, jahe merah pun diburu warga. Pasca wabah Covid-19, harga jahe merah di Jalan Stasiun Timut mencapai Rp70 ribu/kilogram. Untuk jahe merah, sudah dua minggu Bah Adul tidak mendapat kiriman barang dari tengkulak atau petani. 

Sementara di pasar Gang Peda Kota Sukabumi, harga jahe lebih tinggi lagi karena kualitas barangnya lebih bagus dan unggul. Jahe yang dijual pedagang di pasar Gang Peda lebih besar dan tua. Harganya jahe kuning Rp80 ribu sampai dengan Rp90 ribu dan jahe merah Rp95 ribu hingga Rp100 ribu perkilogram. (*)