Mudik Gratis Lebaran 2020 Dibatalkan Dulu

oleh -
Abdul Rachman

Program tahunan mudik gratis di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi pada 2020 batal dilaksanakan. Penyebabnya kondisi saat ini terkait penyebaran Virus Corona yang memicu penyakit Covid-19 yang sulit diprediksi. Dishub sendiri sudah mendapat informasi dari pemerintah pusat yang secara resmi sudah membatalkan acara mudik gratis tersebut.

“Khusus di Kota Sukabumi, kami masih menunggu informasi lanjut dari Dishub Provinsi. Apakah dibatalkan atau tidak? Tapi sepertinya Provinsi juga mengikuti kebijakan dari pemerintah pusat,” kata Kepala Dishub Kota Sukabumi, Abdul Rachman ketika dihubungi wartawan, Rabu (25/3/2020). 

Namun sebenarnya program Mudik Gratis sudah bergulir. Pendaftarannya dimulai sejak Jumat (20/3/2020) secara online untuk mencegah penumpukan orang di Kantor Dishub Kota Sukabumi. Dalam waktu singkat, kuota tempat duduk sebanyak 816 langsung habis dipesan calon peserta Mudik Gratis.

“Pendaftaran juga lakukan secara offline yang menyebar di beberapa unit kerja untuk memecah kerumunan orang. Alhamdulillah dengan metode tersebut semua kuota sudah terpenuhi,” ujar Abdul.

Sementara ini data calon peserta yamg telah mendaftarkan diri akan disimpan sambil menunggu kepastian dari Pemerintah Provinsi Jabar melalui Dishub Provinsi Jawa Barat.

“Kami telah menutup pendaftaran mudik gratis, baik secara online maupun offline karena kuota sudah terpenuhi,” tutur dia.

Rencananya  mudik gratis akan mengerahkan 17  bus, 15 dari provinsi dan 2 unit bus dari Pemkot Sukabumi. Armada mudik gratis ini akan melayani rute ke dua provinsi yakni Semarang dan Solo di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Para peserta yang sudah daftar, silahkan menunggu di rumah saja. Kami akan menginformasikan kepastiannya melalui media sosial atau menghubungi nomor telepon masing-masing,” terang dia. 

Salah seorang calon peserta mudik gratis yang ditemui wartawan, Siti Nurbaeti (38) yang tinggal di Desa Babakan Cimenteng, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi terlambat untuk daftar. Tahun lalu dia mudik ke Kebumen, Jawa Tengah dengan fasilitas mudik gratis. (*)