Camat Surade Kecewa, 9 Kades Mangkir pada Rakor Virus Corona

oleh -
Suasana rakor penanggulangan Virus Corona di aula Kantor Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Sadeva Jampang

Redaktur Usep Mulyana

Camat Surade, Kabupaten Sukabumi, Utang Supratman tidak bisa menyembunyilkan kekecewaanya atas mangkirnya 9 orang kepala desa dalam acara sosialisaai pencegahan penyebaran Covid -19 di Aula Kecamatan Surade, Selasa (24/3/2020).

Dia menilai, absennya para kades dalam acara sosialisi tersebut menunjukkan bahwa sensitivitas mereka terhadap penanganan kasus penyebaran wabah Corona masih tergolong rendah. 

“Acara ini adalah agenda kabupaten bukan acara kecamatan. Kades yang kami undang 12 orang,  masa yang hadir cuma 2 orang. Sementara yang lain hanya mewakilkan kepada staf desa. Padahal mereka merupakan ujung tombak penyampaian informasi Virus Corona pada masyarakat,” tandas Utang.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan untuk mencari solusi terbaik agar warga Kecamatan Surade terhindar dari sergapan Covid -19.

Rapat koordinasi tingkat Kecamatan, lanjut Utang,  dilaksanakan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Sukabumi Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Utang mengimbau para peserta agar tetap tenang dan waspada dalam menghadapi serangan Virus Corona.

“Sebagai garda terdepan dalam gerakan ini, kita semua tidak boleh panik dan tetap fokus pada tugas dan fungsi kita sebagai pelayan masyarakat,” ungkapnya.

Rapat koordinasi menghasilkan beberapa keputusan penting. Hal-hal krusial yang diangkat pada forum itu antara lain pembentukan posko gerak cepat penanggulangan penyebaran Covid -19.

Posko tersebut akan terus menyampaikan imbauan kepada warga untuk menghindari pusat keramaian dan kerumunan masa serta membiasakan mencuci tangan dengan sabun.

Di samping itu, jika hendak ke masjid, jamaah diminta untuk membawa sajadah dari rumah agar keadaannya lebih steril. Keputusan yang dihasilkan dalam rapat koordinasi tersebut wajib untuk disampaikan kepada warga di lingkungan masing-masing.

Hadir pada acara itu antara lain Sekmat Yayat Sukayat,  Bhabinkamtibmas yang mewakili Kapolsek Surade, Danramil,  Kepala KUA, Kepala Puskesmas Surade dan Buniwangi, Lurah surade, kepala desa, dan tokoh masyarakat Surade. Dua kepala desa yang hadir yaitu Kades Sukatani H. Ijrop Pranoto dan Kades Gunungsungging Nanang. (*)