Satu Positif Corona, Bupati Perintahkan Puskesmas Datangi Keluarga Pasien

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengumumkan salah satu warganya positif terkena Covid-19.

Wartawan Agus Setiawan

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengumumkan satu pasien dalam pemantauan (PDP) asal Kabupaten Sukabumi positif terpapar Virus Corona. Saat ini pasien tersebut masih dirawat di ruang isolasi di RSUD Sekarwangi, Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Pengumuman bupati itu disampaikan pada konferensi pers di Ruang Informasi dan Koordinasi Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Sukabumi di Pendopo Sukabumi, Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Selasa (24/3/2020). Saat mengumumkan adanya pasien positif Corona, Bupati didampingi Sekda Iyos Somantri, Kepala Dinas Kesehatan Harun Al Rasyid, dan Direktur RSUD Sekarwangi dr. Albani Nasution.

Bupati telah memerintahkan kepala puskesmas asal PDP positif untuk melakukan penelitian pada keluarga pasien dan tetangga serta para kerabat untuk mengetahui orang yang sering berinteraksi dengan pasien tersebut. Petugas harus mengetahui pergerakan PDP tersebut sebelum masuk rumah sakit.

Marwan mengharapkan, Satgas Penanggulangan Covid-19 dapat mempersempit ruang gerak penyebaran Corona agar wabah Covid-19 di wilayah Kabupaten Sukabumi dapat dihentikan.

Direktur RSUD Sekarwangi dr. Albani Nasution mrngatakan, pasien positif Covid-19 masih mendapatkan perawatan intensif dan saat ini kondisinya berangsur baik. Menurut Albani, PDP tersebut sekarang tidak lagi memakai alat bantu.

Suhu tubuhnya memang masih cukup tinggi, tapi sesak napasnya tidak terlalu berat, jelas Albani. Tim medis sudah memberikan semua jenis obat yang direkomendasikan oleh dokter spesialis. “Doakan saja semoga dia bisa segera tertangani,” pungkasnya. (*)