Isra Miraj Momen untuk Hijrah Menjadi Lebih Baik

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyerahkan telur kepada masyarakat sebagai bagian dari upaya peningkatan ketahanan pangan.

Wartawan Agus Setiawan

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengajak umat Islam untuk bertafakur dalam memaknai peringatan Isra Miraj agar dapat termotivasi dan terinpirasi untuk berhijrah menjadi lebih baik. Umat Islam, kata bupati, dapat berubah ke arah yang lebih baik dengan meningkatkan ibadah, keimanan, dan ketakwaan.

Pernyataan bupati disampaikan ketika menghadiri acara tabligh akbar dalam rangka memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di Masjid At-Taufik, Kampung Sungapan, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Rabu (26/2/2020).

Makna dan hikmah Isra Miraj, kata kepala daerah, harus diamalkan dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu implementasi dari makna dan hikmah tersebut adalah berbuat kebajikan dengan niat yang tulus dan ikhlas serta meningkatkan silaturahmi dan terus menjaga kebersamaan.

“Atas dasar itulah saya mengajak warga Kabupaten Sukabumi menjadikan peringatan Isra Miraj sebagai sarana untuk membangun diri kita agar menjadi lebih baik dengan mengembangkan nilai, norma,  dan moral yang terpuji,” ujar bupati.

Peringatan Isra Miraj di Masjid At-Taufik diisi dengan berbagai kegiatan antara lain tabligh akbar, dzikir, doa bersama, dan pemberian santunan. Siraman rohani disampaikan oleh penceramah kondang Ustadz Enek dan Ajengan Balagadona.

Kepada para orang tua, bupati menekankan pentingnya pendidikan agama yang kuat bagi anak-anak. Menurutnya, pendidikan agama dapat membentuk akhlak mulia sebagai benteng moral bagi generasi bangsa saat ini dan masa yang akan datang. Akhlak merupakan pelindung yang tangguh bagi anak-anak dalam menghadapi era globalisasi.  

Pada bagian lain, bupati mengajak seluruh masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk bersama-sama memperjuangkan dan mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang maju dan mandiri. Caranya melalui pembangunan, pengembangan,  dan perbaikan di segala bidang, terutama sektor pendidikan, ekonomi, dan kesehatan sebagai indikator utama indek pembangunan manusia.

Pada kesempatan itu, disaksikan Camat Kadudampit Jenal Abidin dan jajaran Forkopimcam Kadudampit, para kepala desa, dan hadirin peringatan Isra Miraj,  Bupati Sukabumi secara simbolis menyerahkan santunan kepada 30 anak yatim yang diterima oleh 10 orang anak dan bantuan telur bagi masyarakat.

Sebelum menghadiri peringatan Isra Miraj, bupati mengunjungi Pondok Pesantren Darul Quran KH Yusuf Mansur untuk berdialog dengan para santri. Bupati diterima langsung oleh Pimpinan Pesantren Ustadz Iwan Swanudin. (*)