Wali Kota Apresiasi Peraihan Predikat A oleh Disdukcapil

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menyampaikan arahan kepada para pegawai Disdukcapil Kota Sukabumi pada kegiatan apel pagi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi mengapresiasi peraihan Predikat A oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi atas kinerjanya dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformai Birokrasi (Kemen PANRB). Untuk tahun pelayanan 2019, Kemen PANRB menilai, Disdukcapil Kota Sukabumi sebagai perangkat daerah dengan pelayanan terbaik.

“Penghargaan yang diraih ini harus menjadi pemicu kinerja  agar lebih ditingkatkan lagi. Peningkatan kinerja harus dibarengi dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terkait pembuatan dokumen kependudukan,” kata wali kota pada saat memimpin apel pagi di Disdukcapil Kota Sukabumi, Senin (24/2/2020).  

Pelayanan kepada masyarakat, ujar Fahmi, harus dilakukan dengan baik, ramah, senyum, dan menggunakan bahasa Sunda yang halus. Tujuannya agar masyarakat yang menerima pelayanan merasa diperlakukan sebagai warga Kota Sukabumi yang berhak mendapatkan pelayanan tersebut.

Terkait dengan itu, wali kota juga mendorong jajaran Disdukcapil Kota Sukabumi untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas Program Siap Jemput Bola Pelayanan (Si Jempol) yang telah menjadi pelayanan primadona di masyarakat.

“Hendaknya Disdukcapil tidak berhenti untuk melakukan sinergitas dengan semua kalangan dan berimprovisasi serta berinovasi dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Peningakatan pelayanan kepada masyarakat merupakan bagian dari visi misi pembangunan kepala daerah,” ujar wali kota.  

Dalam mewujudkan visi misi tersebut, kata dia, Disdukcapil Kota Sukabumi telah menunjukkan kinerja dan dedikasi yang baik. Wali kota mengharapkan dedikasi dan kinerja tersebut dapat ditingkatkan dengan barbagai inovasi yang dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Setelah memimpin apel pagi, wali kota melakukan peninjauan ke lingkungan kantor Disdukcapil di Jalan Bhayangkara Kota Sukabumi. Dia mendapatkan penjelasan seputar komposisi SDM, fasilitas, dan perangkat pendukung dalam penyelenggaraan pelayanan dukcapil kepada masyarakat.

Fahmi juga mengecek jaringan internet dan kesiapan blanko E-KTP. Tidak lupa dia juga berdialog dengan masyarakat yang sedang mengurus pembuatan dokumen kependudukan. Wali kota tampak lega ketika mendengar jawaban warga yang rata-rata merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil. (*)