HUT ke-4 Trail Cikidang Dihadiri Ratusan Offroader

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami saat melepas peserta trail adventure pada Anniversary ke-4 CTAR di Cikidang.

Wartawan Agus Setiawan

Peringatan Anniversary ke-4 Cikidang Trail Adventure (CTAR) dihadiri ratusan pemotor lumpur yang berkumpul di Lapang Ciareuy, Desa Cijambe, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (22/2/2020). Mereka akan mengikuti petualangan besar sejauh 80 kilometer yang start dan finishnya di Lapang Ciareuy.

Dari Lapang Ciareuy, para offroader itu dilepas oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami. Sebelum mengibarkan bendera start untuk pemberangkatan sekitar 700 pemotor trail, bupati bersama Muspida dan pengurus CTAR memberikan santunan secara simbolis kepada 19 orang anak yatim dan jompo.

Dalam sambutannya, H. Marwan Hamami mengatakan, event seperti trail adventure bisa menjadi ajang untuk mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Sukabumi. Event tersebut bisa memberikan  kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Kami meminta setiap kecamatan dan desa di Kabupaten Sukabumi dapat mengoptimalkan potensi pariwisata di wilayahnya untuk dipromosikan pada event-event seperti ini,” ujar Marwan.

Kawasan Cikidang, misalnya, selama ini dikenal sebagai destinasi wisata arung jeram. Ternyata bisa dikembangkan menjadi wisata petualangan. Di Cikidang banyak pilihan rute yang menantang untuk wisata otomotif. 

Selain penyediaan sarana untuk trail adventure, Pemkab Sukabumi akan terus membuat terobosan, lanjut bupati, salah satunya dengan membangun sirkuit permanen di Bukit Manangel Palabuhanratu. 

Bupati berharap kepada semua peserta petualangan motor dapat menikmati alam Sukabumi, khususnya Cikidang yang terkenal eksotis. Selama menjalani rute wisata petualangan, para peserta menempuh berbagai rintangan  dengan pemandangan yang memanjakan mata.

Di tempat yang sama, Ketua Umum CTAR, Novi mengatakan kegiatan HUT ke-4 komunitas yang dipimpinnya diselenggarakan sebagai ajang silaturahmi sekaligus sebagai upaya untuk melestarikan alam. 

“Acara anniversary telah dimulai sehari sebelumnya yang diawali dengan kegiatan bakti sosial berupa khitanan massal yang dilanjutkan hari ini dengan pemberian santunan,” jelas Novi. (*)