DKP Apresiasi PT Iroha yang Siap Tampung Bibit Sidat

oleh -
Kepala DKP Kabupaten Sukabumi, Abdul Kodir memberikan keterangan seputar pertemuan antara perusahaan budi daya ikan sidat terbesar di Indonesia dengan para peternak ikan sidat.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi mengapresiasi PT Iroha dari Banyuwangi, Jawa Timur yang siap menampung bibit ikan sidat asal Kabupaten Sukabumi. Kesanggupan perusahaan budi daya sidat terbesar di Indonesia itu dapat mempermudah para peternak sidat dalam menjual ikannya.

Apresiasi itu disampaikan Kepala DKP Kabupaten Sukabumi, Abdul Kodir pada pertemuan para peternak ikan sidat dengan perwakilan PT. Iroha, Margo Sista di UPT Pasar Ikan Cibaraja, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Jumat (21/2/20). Pertemuan tersebut difasilitasi oleh DKP Kabupaten Sukabumi.

“Hadirnya PT Iroha memberikan harapan kepada peternak ikan sidat yang mau bekerja sama dengan Pt. Iroha. Kami apresiasi pertemuan ini,” kata Abdul. 

Pada pertemuan itu tampak hadir para peternak ikan sidat se-Kabupaten Sukabumi, para pejabat DKP, dan Anggota DPRD dari Fraksi Partai Gerindra, H. Usep Wawan. Pertemuan membahas syarat dan ketentuan yang diberlakukan untuk kualitas dan kuantita ikan sidat yang bisa diterima oleh PT. Iroha.

“Kami membutuhkan banyak bibit sidat yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan perusahaan. Syaratnya antara lain berat bibit perekor 2 gram dengan masa pertumbuhan antara tiga dan empat bulan. Paling sedikit bibit sidat yang dikirimkan kami sebanyak 20 kilogram,” ujar Margo.

Lahan tanam milik PT. Iroha sangat luas sekali dan bisa menghasilkan ikan sidat sebanyak 1000 ton pertahun dengan ukuran siap panen atau berat perekor antara gram 280 sampai dengan 300 gram dengan umur dua tahun. Untuk ukuran tersebut, 1 kilogram ikan sidat banyaknya 3 ekor. (*)