Pengamat Protes Lapdek untuk Konser Musik

oleh -
Lapang Merdeka yang sudah bertahun-tahun dipertahankan sebagai sarana olahraga dan tempat upacara serta kegiatan sosial tidak tersentuh kegiatan pertunjukan musik.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Rencana kegiatan jalan sehat bertema sarapan sehat yang dimeriahkan oleh pertunjukan band ternama di Lapang Merdeka (Lapdek) menuai kritikan dan protes dari pengamat kebijakan publik, Agus Subagja. Menurut Agus, tidak selayaknya Lapang Merdeka yang sudah ditata dengan indah digunakan untuk acara konser musik dan kegiatan promosi produk.

“Suara-suara sumbang di tengah masyarakat mulai terdengar terkait kegiatan gerakan sarapan sehat yang disertai pertunjukan musik. Kami menyatakan protes kalau Lapang Merdeka digunakan untuk atraksi band,” kata Agus ketika dihubungi wartawan, Senin (17/2/2020).

Informasi yang beredar melalui media sosial berbentuk flyer digital menyebutkan, salah satu produsen makanan suplemen akan menggelar kegiatan gerakan nasional sarapapan sehat pada 1 Maret mendatang. Gerakan tersebut diisi dengan berbagai acara seperti jalan sehat, senam sehat, konsultasi kesehatan, dan pertunjukan musik.

“Jalan dan senam sehatnya tidak masalah karena kegiatan itu sesuai dengan peruntukan Lapdek sarana olahraga. Namun kalau dilengkapi dengan aksi musik dari band, kami keberatan. Izinnya harus jelas. Sebenarnya kalau mau olahraga, ya silakan itu bagus, tapi tidak perlu pakai panggung hiburan,” ujar dia.

Selama bertahun-tahun, Lapdek steril dari kegiatan pertunjukan musik. Status Lapdek sebagai sarana olahraga dan upacara harus tetap dipertahankan untuk menjaga keasrian lingkungan dan keawetan berbagai sarana di tempat tersebut. Kalau mau bikin pertunjukan musik, penyelenggara dipersilahkannya untuk mencari lokasi lain, jangan di Lapdek.

Agus mengimbau perangkat daerah atau instansi yang mengeluarkan izin untuk acara tersebut harus bijaksana agar Lapdek tidak beralih fungsi dari sarana olahraga menjadi tempat konser musik dan tempat berdagang seperti dulu.  

“Apabila pertunjukan musik tersebut tetap dilaksanakan di Lapang Merdeka, saya khawatir fungsi lapangan ini menjadi beralih kembali seperti dulu. Pemerintah dan masyarakat sudah bersusah payah untuk mempertahankan Lapdek sebagai sarana olahraga. Jangan sampai beralih fungsi,” ujar Agus. (*)