Kabid PMD Apresiasi Musrenbang Cicantayan

oleh -
Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa, Andriansyah.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Andriansyah mengapresiasi pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Murenbang) tingkat Kecamatan Cicantayan karena hadirinnya lengkap. Selain itu, musrenbang berjalan lancar dan sesuai jadwal.

“Musrenbang di Kecamatan Cicantayan ini berjalan sesuai jadwal. Pesertanya juga sesuai dengan target,” kata Andriansyah ketika ditemui di tempat Musrenbang di aula Kantor Kecamatan Cicantayan, Jalan KH. Mama Oyon Cicantayan, Kamis (13/2/2020).

Musrenbang tersebut dihadiri dua Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Dapil 3 Cibadak dan sekitarnya yakni Siti Hilmiaty dari Partai Gerindra dan Agung Nugraha dari Partai Demokrat. Musyawarah dipimpin oleh Camat Cicantayan, Sendi Apriadi.

Hadirin yang datang tergolong lengkap dan mewakili pemangku kepentingan tingkat kecamatan. Di antara peserta Musrenbang tampak hadir antara lain para kepala desa di Kecamatan Cicantayan,   perwakilan Polsek Cibadak Aiptu Ruhikmat,  Danposramil Cicantayan Serma Solehudin,  perangkat kantor kecamatan, tokoh masyarakat,  tokoh pemuda, dan berbagai kalangan masyarakat lainnya.

Kegiatan Musrenbang itu mengusung tema “Pembangunan kawasan perdesaan berbasis agrowisata yang berintegrasi”. Dalam pelaksanaannya musrenbang tersebut mendukung tema pembangunan Kabupaten Sukabumi tahun 2021 yakni pemeliharaan infrastruktur wilayah. 

“Musrenbang ini untuk menetapkan usulan pembangunan tahun 2021. Karena itu pelaksanaannya perlu dukungan dan partisipasi dari semua pihak yang terkait dengan pembangunan di tingkat kabupaten, kecamatan,  ataupun di desa,” ujar Andriansyah.

Hasil Musrenbang Kecamatan Cicantayan akan  dibawa ke forum sejenis untuk tingkat Kabupaten Sukabumi. Menurut dia, Kecamatan Cicantayan mengalami banyak kemajuan dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. (*)