Bupati Apresiasi Syahriyahan Desa Tegallega

oleh -
Peluncuran program Syahriyahan dan Safari Dakwah di Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.

Wartawan Agus Setiawan

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengapresiasi program Syahriyahan dan Safari Dakwah di Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. Menurut bupati, program tersebut dapat menguatkan peran dan fungsi majelis ilmu serta meningkatkan silaturahmi.

“Selain dapat dijadikan sarana untuk berdakwah, program ini bisa menjawab berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat,” kata bupati ketika meresmikan Syahriyahan dan Safari Dakwah Pemerintah Desa Tegallega di SMAN 1 Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Rabu (12/2/2020).

Dengan semangat dakwah dan silaturahmi, ujar Marwan, persoalan-persoalan di masyarakat dapat diselesaikan secara terpat dan cepat. Sejalan dengan itu, safari dakwah bulanan itu bisa menguatkan lembaga-lembaga dan majelis ilmu yang ada di Desa Lengkong.

Peluncuran program Syahriyahan dan Safari Dakwah Desa Tegallega dirangkaikan dengan pengukuhan lembaga desa dan lembaga keagamaan se-Desa Tegallega. Di tempat kegiatan bupati melihat berbaurnya lembaga-lembaga yang ada di desa dalam semangat silaturahmi.

“Karena itu saya memberikan apresiasi yang tinggi pada program dakwah ini. Apalagi di dalamnya terjadi proses pembauran di antara lembaga-lembaga di desa. Selama ini lembaga pendidikan keagamaan telah berjalan dengan baik di desa-desa. Dengan adanya program ini, semangat kegamaan semakin tinggi,” tutur Marwan.

Bupati juga meminta setiap kecamatan rutin melaksanakan pengajian mingguan. Peran kegiatan pengajian sangat penting dan strategis untuk meningkatkan keimanan, keilmuan dalam agama, dan solusi dalam menyelesaikan setiap permasalahan.

Pada bagian lain pidatonya bupati membahas pentingnya pendidikan agama di tengah kemajuan dan era teknologi. Hendaknya, kata dia, pendidikan agama dan pendidikan karakter untuk anak-anak diperkuat agar mereka bisa tumbuh dan bersaing di tengah perkembangan zaman. 

Ketika tiba di tempat peluncuran Syahriyahan dan Safari Dakwah, bupati dan rombongan disambut dengan tarian tradisional. Di antara para penyambut tampak Kepala Desa, Tegallega Fuad Abdul Latif.

Dalam penjelasannya, Kades Fuad mengatakan, tujuan program dakwah di desanya  merupakan salah satu ikhtiar untuk mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri. Selama ini, masyarakat Desa Tegallega rutin melaksanakan kegiatan keagamaan seperti pengajian oleh majelis taklim dan peringatan hari besar Islam.

Di akhir acara bupati secara simbolis menyerahkan bantuan sosial dari Unit Pengelola Kegiatan Dana Bergulir Masyarakat (UPK-DBM) Kecamatan Lengkong tahun buku 2019 sebesar Rp127 juta. Dana tersebut dibagikan kepada relawan penjaga owa, disabilitas, orang jompo, dan anak yatim. (*)