Bhabinkamtibmas-Babinsa Selesaikan Permasalahan Linmas dan Pamsimas

oleh -
Suasana musyawarah di aula Desa Mekarnangka, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi untuk menyelesaikan permasalahan di antara warga.

Wartawan Agus Setiawan

Kerja sama Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Mekarnangka, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi berhasil menyelesaikan permasalahan antara anggota Linmas dan pengurus Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat). Sebelum permasalahan melebar, para pihak dapat menyelesaikannya secara musyawarah.

“Hasil musyawarah antara pengurus Pamsimas dan anggota Linmas menghasilkan kesepakatan damai dan saling memaafkan,” kata  Bhabinkamtibmas Desa Gunungmalang dan Desa Mekarnangka,  Bripka Uwan Juanda setelah mengikuti musyawarah di aula Balai Desa Mekarnangka, Minggu (9/2/2020).

Dalam proses mediasi itu, Bripka Uwan mendapat dukungan penuh dari Babinsa Mekarnangka, Sertu Ade. Mereka berdua secara aktif melakukan upaya-upaya untuk menggelar musyawarah guna menyelesaikan permasalahan yang terjadi di tengah warga binaannya. 

Permasalahan yang terjadi berawal dari kesalahpahaman antara pengurus Pamsimas Mekarnangka anggota Linmas Desa Mekarnangka Ajid. Dalam musyawarah itu, Pamsimas diwakili salah satu pngurusnya bernama Mamat.

Selama musyawarah sempat terjadi adu debat. Namun berkat upaya perdamaian oleh Bahabinkamtibmas, Babinsa, dan para saksi, keduanya dapat mencapai kesepakatan damai. Secara umum, musyawarah berjalan dengan lancar, aman, dan penuh dengan kekeluargaan.

Di tempat musyawarah tampak hadir Kepala Desa Mekarnangka Maryati, Ketua BPD Mekarnangka Wawan Kuil, dan tokoh agama setempat Ustadz Aed.

Sementara Kapolsek Cikidang AKP Aah Hermawan, S.E., M.H. seperti dikutip Paur Humas Polres Sukabumi mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi adanya musyawarah di Desa Mekarnangka tersebut. Dia memuji langkah yang diambil anak buahnya bersama Babinsa Mekarnangka.

“Masalah yang kecil sebelum membesar lebih baik segera diselesaikan secara cepat dan tuntas,” ujar AKP Aah. (*)