Kanit Binmas Polsek Curugkembar Pimpin Pembaretan Polisi Siswa

oleh -
Kanit Binmas Polsek Curugkembar Aipda Cecep Ali ketika memimpin upacara pembaretan polisi siswa yang diikuti puluhan siswa dari tingkat SMK dan SMP.

Wartawan M. Hamjah

Polsek dan Posramil (Pos Rayon Militer) Curugkembar, Kabupaten Sukabumi bekerja sama melaksanakan kegiatan Binderawan (Pembinaan Pemuda, Remaja, dan Cendekiawan) dalam rangka pembaretan polisi siswa di Bumi Perkemahan (Buper) Cihideung, Minggu (9/2/2020).

Pada kegiatan itu Kanit Binmas Polsek Curugkembar Aipda Cecep Ali tampil sebagai pemimpin upacara pembaretan tersebut.

Para peserta pembaretan polisi siswa itu berasal dari kalangan siswa SMK dan SMP di wilayah Kecamatan Curugkembar. Jumlah peserta pembaretan mencapai 73 orang yang terdiri dari 13 orang siswa SMK dan 60 orang siswa SMP.

Sebelum mengikuti upacara, para siswa dan Aipda Cecep Ali bersama Dan Posramil Curugkembar, Pelda Edi Mulyadi berjalan kaki sejauh 6 kilometer dari titik start di Yayasan Al-Mutiyah  di Kampung Cipanji, Desa Cimenteng menuju Buper Cihideung di Desa Sindangraja, Kecamatan Curugkembar.

Setiba di tempat tujuan, Aipda Cecep dan Pelda Edi langsung mengatur pelaksanaan upacara untuk prosesi pembaretan siswa polisi. Setelah menerima pembaretan, 73 pelajar tersebut resmi menjadi anggota polisi siswa.

Pada upcara itu, pembina upacara Aipda Cecep menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada para pelajar. Pertama dia memuji para peserta yang memiliki fisik yang bagus sehingga mampu menyelesaikan perjalanan dari tempat berangkat ke tempat pembaretan.  

“Pertahankan kekuatan fisik dengan berolah raga. Karena di dalam fisik yang sehat terdapat rohani yang sehat pula. Kondisi fisik yang sehat akan mempermudah proses belajar,” kata Kanit Binmas.

Dengan terpilihnya peserta pembaretan menjadi polisi siswa, ujar dia,  hendaknya mereka bersyukur karena memiliki kesempatan untuk mengabdikan diri dalam menjaga kamtibmas di lingkungannya masing-masing. Polisi siswa harus menunjukkan sikap dewasa agar dapat menjadi panutan  bagi siswa-siswi yang lainnya.

“Anggota polisi siswa harus menjadi pelopor dalam menegakkan peraturan di sekolah, di jalan raya, maupun di lingkungan. Mereka harus mendorong para siswa yang lain tidak melakukan pelanggaran lalau lintas,  penggunaan narkoba, dan melakukan tindak pidana,” ujar Aipda Cecep.

Selain itu, hendaknya polisi siswa tidak terprovokasi berita hoax, ujaran kebencian,  dan isu SARA. Kewajiban lain dari polisi siswa adalah tekun beribadah  dan menjalankan sunah-sunah Rasulullah SAW. Mereka juga harus disiplin dan rajin belajar serta meningkatkan pemeliharaan  kamtibmas. (*)