Berkat Media, Masyarakat Tahu Positif dan Negatif Pemerintahan

oleh -
Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi, Hendry Iman Hermansyah.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Peran media massa, baik cetak, online, maupun elektronik sangat penting dalam menginformasikan dan mengkomunikasikan kegiatan pembangunan oleh pemerintah. Berkat media, masyarakat menjadi mengetahui sisi positif dan negatif dari kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan yang diselenggarakan oleh pemerintah.

“Bagi pemerintah daerah peran media massa selama  ini banyak membantu dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.  Dengan adanya media massa, masyarakat jadi bisa menilai hal-hal yang positif maupun negatif,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi, Hendry Iman Hermansyah ketika dihubungi wartawan via telepon seluler, Minggu (9/2/2020).

Hari ini, ujar dia, seluruh pekerja media massa memperingati Hari Pers Nasional (HPN). Dia mengharapkan semangat HPN dapat meningkatkan sinergitas antara media massa dan pemda.

“Selama ini kami memperoleh manfaat dari kerja sama  dengan para wartawan sebagai insan pers. Media massa berperan besar dalam menyampaikan hasil pembangunan, kebijakan, maupun masukan dari masyarakat  kepada pemerintah daerah,” ujar Iman. 

Dengan semangat HPN, lanjut dia, wartawan dapat lebih profesional dalam menjalankan tugasnya agar dapat memberikan warna yang baik bagi pemerintah dan masyarakat. Insan pers dapat lebih meningkatkan sinergitas dengan semua kalangan, baik pemerintahan maupun masyarakat.

“Tidak ada yang meragukan peran media bagi pemerintah daerah dalam memajukan pembangunan. Karena media dapat menginformasikan setiap kegiatan pemerintah daerah sehingga bisa diketahui kemajuan di berbagai sektor seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, dan sosial budaya,” tuturnya.

Di sisi lain Kabag Humas meminta awak media untuk memberlakukan prinsip balance dalam menyampaikan informasi berita dan tidak mempublikasikan berita hoax yang bisa menimbulkan dampak negatif yang fatal bagi masyarakat.

Biasa pula, media memuat berita yang isinya kritikan. Pemda sendiri, ujar Iman,   menyikapi berita kritikan dengan sikap positif karena materi berita seperti itu dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk melakukan perbaikan dan perubahan ke arah yang lebih baik.

“Kami akan melibatkan media dalam evaluasi kegiatan di beberapa SKPD. Pemda memerlukan saran dan masukan dari media sebagai sumber informasi tentang kemajuan Kota Sukabumi dari kaca mata insan media,” kata Iman. (*)